ANALISIS BAURAN PEMASARAN GERAI PANGLIMA DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN OLEH-OLEH KHAS KALIMANTAN TIMUR DI KOTA SAMARINDA
Yaumila Alifia, Analisis Bauran Pemasaran Gerai Panglima Dalam Meningkatkan Penjualan Oleh-Oleh Khas Kalimantan Timur di Kota Samarinda, dibawah pimpinan Arwin Sanjaya, S.Pd., M.AB. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis bauran pemasaran Gerai Panglima untuk meningkatkan penjualan oleh-oleh khas Kalimantan Timur di Kota Samarinda, untuk mengetahui dan menganalisis hambatan dan faktor pendukungnya. Penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Tujuan penelitian adalah: produk, harga, tempat, promosi, orang, bukti fisik, proses, faktor penghambat dan pendukung. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui studi pustaka, observasi, wawancara dan penelitian lapangan disertai dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data pemodelan interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bauran pemasaran Gerai Panglima meningkatkan penjualan oleh-oleh khas Kalimantan Timur di Kota Samarinda, dari indikator produk oleh-oleh Kaltim di Gerai Panglima seperti Amplang, Roti Durian, dan semua produk memiliki sertifikasi halal ISO, dan terjamin kemasannya dari nilon. Harga produk Gerai Panglima relatif murah dengan kualitas bahannya yang terbaik dan dengan target pasar yang dituju. Place (tempat/distribusi) terletak di pinggir jalan dan memiliki tempat parkir yang luas yang memudahkan para pembeli. Promosi sering dilakukan seperti bundling atau buy 1, get 1 dari produk yang dipromosikan. Orang Gerai Panglima sering dilakukan oleh Manager dan review kerja pelatihan serta pemotivasian. Bukti fisik yang menjadi kesempatan Gerai Panglima yaitu bangunannya besar dan banyak pembeli berminat membeli. Proses Gerai Panglima dengan menginfokan produk yang sedang dipromosikan, dan selalu menambahkan stok produk yang kosong di rak display. Faktor penghambat dari kurangnya jumlah karyawan dalam memberikan pelayanan apabila banyak pembeli, karyawan tidak konsisten melakukan promosi di media sosial, dan Kampung Amplang susah mencari bahan produksi. Faktor pendukungnya yaitu ada program jualan dan melakukan review penjualan per minggu, Gerai Panglima mempunyai berbelanja secara online, terus
melakukan promosi Word of Mouth, dan memiliki akun bisnis yang banyak di ikuti oleh masyarakat.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | ANALISIS BAURAN PEMASARAN GERAI PANGLIMA DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN OLEH-OLEH KHAS KALIMANTAN TIMUR DI KOTA SAMARINDA |
---|---|
Pengarang | Yaumila Alifia - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI YAU a 2024 |
Subyek | Bauran Pasar, Gerai Panglima, Penjualan, Oleh-Oleh Khas Kalimantan Timur. |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2024 |
Penerbit | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik |
Jurusan | Administrasi Bisnis Konsentrasi Pariwisata Dan Bisnis Hospitality |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY