MANAJEMEN KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA SEKOLAH DALAM PENINGKATAN KOMPETENSI GURU SD NEGERI DI SEKOLAH PENGGERAK KOTA BONTANG
Kepala sekolah yang menerapkan kepemimpinan transformasional di sekolah penggerak sangat penting dalam peningkatan kompetensi guru untuk memberikan teladan, menginspirasi, memotivasi, endorong inovasi dan kreativitas, serta memberikan perhatian dan dukungan individual. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis secara mendalam proses perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan evaluasi dari kepemimpinan transformasional kepala sekolah dalam upaya peningkatan kompetensi guru SD Negeri di Sekolah Penggerak Kota Bontang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) perencanaan kepala sekolah SD Negeri Sekolah Penggerak Kota Bontang menyesuaikan visi dan misi sekolah dengan program sekolah penggerak, mengintegrasikan unsur adiwiyata dan prestasi, serta melakukan sosialisasi berkelanjutan dan penambahan fasilitas pendukung, dan merumuskan program untuk meningkatkan kompetensi guru dan kualitas pendidikan; 2) pengorganisasian dilakukan dengan mengalokasikan tugas dengan jelas menggunakan surat keputusan, memastikan partisipasi aktif seluruh anggota sekolah, memberikan motivasi dan arahan, serta menciptakan lingkungan kerja yang kolaboratif dan harmonis; 3) melaksanakan berbagai kegiatan terstruktur seperti penyusunan bimtek, webinar, kombel, IHT dan pelatihan mandiri di PMM. Peningkatan kompetensi pedagogik terlihat melalui kemampuan guru untuk merancang rencana pembelajaran yang efektif, menerapkan metode pengajaran yang variatif, melaksanakan penilaian dan evaluasi yang efektif, serta mengelola kelas dengan lebih baik. Peningkatan kompetensi profesional melalui penguasaan materi ajar, keterlibatan dalam pengembangan kurikulum, serta adanya kolaborasi antar guru; 4) evaluasi dilakukan dengan observasi langsung, pengumpulan umpan balik, dan diskusi rutin untuk monitoring strategi pengajaran, pendampingan berkelanjutan, dan penilaian hasil belajar siswa. Secara keseluruhan, manajemen kepemimpinan transformasional kepala sekolah di SD Negeri sekolah Penggerak Kota Bontang berhasil menciptakan lingkungan yang mendukung peningkatan kompetensi guru melalui kegiatan terstruktur yang sesuai kebutuhan guru, komunikasi yang efektif, serta pemberian motivasi untuk terus berkembang dalam aspek pedagogik dan profesional.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | MANAJEMEN KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA SEKOLAH DALAM PENINGKATAN KOMPETENSI GURU SD NEGERI DI SEKOLAH PENGGERAK KOTA BONTANG |
---|---|
Pengarang | Serlina Sombo - Personal Name |
No. Panggil | THESIS SER m 2024 |
Subyek | Kepemimpinan Transformasional Manajemen Sekolah Penggerak kompetensi guru |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2024 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | MAGISTER MANAJEMEN PENDIDIKAN |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY