Detail Cantuman Kembali
Annisa Qurrotu Aini - Personal Name

PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PECAHAN TEMA 5 CUACA MELALUI MODEL TALKING STICK BERBANTUAN MEDIA PUZZLE PECAHAN PADA SISWA KELAS III DI SD NEGERI 019 SAMARINDA ULU, KOTA SAMARINDA PEMBELAJARAN 2023/2024.

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya nilai hasil belajar siswa kelas III SD Negeri 019 Samarinda Ulu khususnya pada mata pelajaran Matematika materi pecahan. Rumusan masalah dalam penelitian ini Bagaimana meningkatkan hasil belajar Matematika Tema 5 Cuaca materi pecahan melalui model Talking Stick berbantuan media Puzzle Pecahan pada siswa kelas III SD Negeri 019 Samarinda Ulu, Kota Samarinda Pembelajaran 2023/2024?. Maka tujuan penelitian untuk mengetahui peningkatan hasil Matematika Tema 5 Cuaca materi pecahan melalui model Talking Stick berbantuan media Puzzle pecahan pada siswakelas III SD Negeri 019 Samarinda Ulu, Kota Samrinda pembelajaran 2023/2024.
Jenis Penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan selama dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Prosedur penelitian ini terdiri dari empat tahap, yaitu tahap perencanaan tahap pelaksanaan, tahap observasi, dan tahap refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri 019 Samarinda Ulu yang berjumlah 28 siswa dan objek dari penelitian ini adalah hasil belajar Matematika melalui model Talking Stick berbantuan media Puzzle pecahan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan persentase aktivitas guru dan siswa, ketuntasan hasil belajar, rata-rata, nilai akhir, dan peningkatan hasil belajar siswa. Peningkatan hasil belajar siswa tersebut dapat dibuktikan dari hasil belajar Matematika siswa pada pra siklus nilai rata-rata 61 dengan ketuntasan siswasebesar 35,71% mengalami peningkatan ke siklus I dengan nilai rata-rata 71,70 dan ketuntasan siswa sebesar 48,21% dengan persentase peningkatan hasil belajar 21,72%. Selanjutnya pada siklus II dengan nilai rata-rata 80,75 dan ketuntasan siswa sebesar 76,79% dengan persentase peningkatan hasil belajar 34,72%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar Matematika tema 5 cuaca materi pecahan melalui model Talking Stickberbantuan media Puzzle pecahan padasiswa kelas III SD Negeri 019 Samarinda Ulu, Pembelajaran tahun 2023/2024

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PECAHAN TEMA 5 CUACA MELALUI MODEL TALKING STICK BERBANTUAN MEDIA PUZZLE PECAHAN PADA SISWA KELAS III DI SD NEGERI 019 SAMARINDA ULU, KOTA SAMARINDA PEMBELAJARAN 2023/2024.
Pengarang Annisa Qurrotu Aini - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI ANN p 2024
Subyek Hasil Belajar Matematika
Model Talking Stick
Media Puzzle Pecahan
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2024
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua