PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID PADA MATERI PERANGKAT KERAS KOMPUTER DI SMK YPS SAMARINDA
Qalbi Teguh Setiawan, 2024. Pengembangan Media Pembelajaran Augmented Reality Berbasis Android Pada Materi Perangkat Keras Komputer di SMK YPS Samarinda. Hasil Penelitian ini dibimbing oleh Bapak Galih Yudha Saputra, S.Kom, M.Kom. selaku Dosen Pembimbing I dan Bapak Fahmi Romisa, S.Kom, M.Kom. selaku Dosen Pembimbing II. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran augmented reality perangkat keras komputer, kelayakan media pembelajaran, serta respons terhadap media pembelajaran augmented reality perangkat keras komputer yang peneliti kembangkan di SMK YPS Samarinda. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Research and Development dengan model Waterfall yang terdiri dari empat tahap, yaitu Analisis, Desain, Pengkodean, dan Pengujian. Media pengembangan dalam penelitian ini menggunakan software Unity, Corel Draw, Sketchfab, dan Visual Studio Code. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan melakukan observasi, dokumentasi, wawancara, dan angket. Teknik analisis data dalam mengolah hasil validasi dan angket respons dikonversi menjadi sebuah persentase dan diketahui tingkat kualifikasi yang diperoleh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan peneliti dilakukan validasi oleh 3 validator ahli media memperoleh persentase rata-rata 91,67% dan validasi oleh 1 validator ahli materi memperoleh persentase rata-rata 94,12% dengan kategori “Sangat Valid”. Berdasarkan hasil validasi media dan materi, didapatkan persentase rata-rata 93,61% dengan kriteria validitas “Sangat Valid”. Kemudian dilakukan pengambilan respons oleh 1 guru memperoleh persentase rata-rata sebesar 93% dan 21 peserta didik kelas X memperoleh rata-rata sebesar 91% dengan kriteria “Sangat Baik”. Berdasarkan hasil respons guru dan peserta didik, diperoleh persertase rata-rata 92% dengan kriteria “Sangat Baik”. Maka dapat disimpulkan media pembelajaran augmented reality perangkat keras komputer dengan model Waterfall dengan kelayakan menurut para ahli berdasarkan validasi dinyatakan sangat valid dan layak, serta respons guru dan peserta didik yang masuk dalam kategori sangat baik untuk digunakan.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID PADA MATERI PERANGKAT KERAS KOMPUTER DI SMK YPS SAMARINDA |
---|---|
Pengarang | QALBI TEGUH SETIAWAN - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI QAL p 2024 |
Subyek | Augmented Reality Media Pembelajaran Model Waterfall |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2024 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY