Detail Cantuman Kembali
Irma Oktania - Personal Name

FITOREMEDIASI LOGAM BERAT BESI (FE) DAN MANGAN (MN) PADA AIR ASAM TAMBANG MENGGUNAKAN TANAMAN EKOR KUCING (Typha latifolia)

Air asam tambang (AAT) adalah masalah lingkungan yang ditimbulkan akibat pertambangan terbuka karena memiliki derajat keasaman dan kelarutan logam yang tinggi terutama besi dan mangan. Kadar logam tersebut dapat diturunkan dengan cara fitoremediasi yang memanfaatkan tumbuhan dan bagian-bagiannya dalam menurunkan polutan, salah satu tanaman yang dapat digunakan ialah ekor kucing (Typha latifolia). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan tanaman ekor kucing dalam menaikkan pH dan efektivitasnya dalam menurunkan kadar logam Fe dan Mn pada air asam tambang. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 2 faktor, yaitu konsentrasi air asam tambang dan massa tanaman ekor kucing. Penelitian dilakukan dalam skala laboratorium selama 21 hari pengamatan dan data yang didapatkan diolah menggunakan SPSS dengan Uji One-way Anova serta Uji Duncan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tanaman ekor kucing mampu menaikkan pH air asam tambang hingga 53,36% dan efektif dalam menurunkan kadar logam Fe sebesar 92,49% pada konsentrasi AAT 25% dengan bantuan ekor kucing sebanyak 450 gram serta mampu mengurangi kadar mangan sebanyak 99,22% pada konsentrasi AAT 75% dengan bantuan 300 gram tanaman ekor kucing. Ekor kucing mampu
beradaptasi dengan lingkungan asam dengan menyerap logam dan mengakumulasikan ke dalam jaringan-jaringannya. Akan tetapi, terjadi beberapa perubahan morfologi seperti daun yang mulai menguning dan patah. Hal tersebut diakibatkan karena timbulnya gejala klorosis dan nekrosis.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul FITOREMEDIASI LOGAM BERAT BESI (FE) DAN MANGAN (MN) PADA AIR ASAM TAMBANG MENGGUNAKAN TANAMAN EKOR KUCING (Typha latifolia)
Pengarang Irma Oktania - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI IRM f 2024
Subyek Air Asam Tambang
Logam Berat
pH
Fitoremediasi
Typha latifolia
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2024
Penerbit Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam
Jurusan S1 BIOLOGI
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua