Pengaruh Bermain Bunga Berhitung Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun di TK Negeri 1 Samarinda
Grace Anggela Larumunde, 2024. Pengaruh Bermain Bunga Berhitung Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun di TK Negeri 1 Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Dr. Evie Palenewen, M.Pd selaku dosen pembimbing I dan Fachrul Rozie, M.Pd selaku dosen pembimbing II. Bermain bunga berhitung merupakan media pembelajaran untuk mengenalkan konsep angka bagi anak usia 5-6 tahun. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh bermain bunga berhitung terhadap perkembangan kognitif anak usia 5-6 tahun di TK Negeri 1 samarinda. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan teknik pengambilan data non random sampling untuk memilih sampel diperlukan teknik pengumpulan data dengan berupa tes (tes awal (pretest), treatment dan tes akhir (posttest)). Pada penelitian, sampel yang digunakan adalah 15 anak yaitu dengan jumlah 7 anak Laki-laki dan 8 anak Perempuan di kelas B1 di TK Negeri 1 Samarinda. Hasil penelitian, diketahui perkembangan kognitif diukur dari kemampuan mengenal angka, menyebutkan angka, mengetahui perbedaan ukuran, mencocokkan bilangan dengan lambang bilangan dan mengklasifikasikan benda dengan 3 variasi (warna, bentuk dan ukuran). Berdasarkan hasil perhitungan normalitas diperoleh 0.097 dengan taraf signifikan 5% α = 0.05 maka dapat dikatakan berdistribusi normal karena nilai signifikan > 0.05. Lalu, untuk hasil uji N-Gain, nilai pretest dan posttest memiliki jumlah yang berbeda memperoleh nilai dengan jumlah 0.84 dengan presentase 84.22 sehingga hasil N-gain berada pada kategori tinggi. Demikian dapat dipahami hasil nilai pretest dan posttest memiliki angka yang berbeda sehingga Ha diterima dan H0 ditolak, maka diketahui bahwa ada perngaruh bermain bunga berhitung terhadap perkembangan kognitif anak usia 5-6 tahun di TK Negeri 1 Samarinda. Melalui penelitian ini, dampak yang diberikan melalui bermain bunga berhitung dapat membantu anak usia 5-6 tahun di TK Negeri 1 Samarinda dalam menstimulasi kemampuan mengenal angka, menyebutkan angka, mengetahui perbedaan ukuran, mencocokkan bilangan dengan lambang bilangan dan mengklasifikasikan benda dengan 3 variasi (warna, bentuk dan ukuran). Kata Kunci: Bermain Bunga Berhitung, Perkembangan Kognitif, Anak Usia 5-6 tahun
Ketersediaan
Detail Information
Judul | Pengaruh Bermain Bunga Berhitung Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun di TK Negeri 1 Samarinda |
---|---|
Pengarang | Grace Anggela Larumunde - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI GRA p 2024 |
Subyek | Anak Usia 5-6 Tahun Perkembangan Kognitif Bermain Bunga Berhitung |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2024 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | Ilmu Pendidikan |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY