PENGARUH BERMAIN INTERAKTIF TERHADAP KEMAMPUAN SAINS DAN MATEMATIKA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK NEGERI 1 SAMARINDA
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh kemampuansains dan matematika melalui bermain interaktif pada anak usia 5-6 tahun di TK Negeri 1 Samarinda. Teknik pengambilan data purposive sampling digunakan untuk memilih sampel dengan teknik pengumpulan data berupa tes (tes awal (pretest), treatment dan tes akhir (posttest)). Adapun sampel penelitian terdiri dari 18 anak, terdiri dari 9 anak perempuan dan 9 anak laki-laki dari kelas B3 TK Negeri 1 Samarinda. Berdasarkan hasil perhitungan n-gain diperoleh kriteria kategori sedang, yaitu normalized gain 0,6 < 0,7 dengan persentase 67,1235% yang berarti bermain interaktif untuk kemampuan sains dan matematika anak berada pada kategori cukup efektif. Dengan demikian berarti terdapat perbedaan signifikan antara pretest dan posttest pada kelompok eksperimen sehingga hipotesis alternative (Ha) diterima dan hipotesis nol (H0) ditolak, artinya terdapat pengaruh kemampuan sains dan matematika melalui bermain interaktif pada anak usia 5-6 tahun di TK Negeri 1 Samarinda. Penelitian ini menunjukkan bahwa bermain interaktif membantu anak memahami konsep sains dan matematika dengan lebih baik melalui pengalaman langsung dan eksplorasi. Anak mampu memahami konsep dasar seperti pengklasifikasian warna, bentuk dan tekstur, menyebutkan angka 1-20, membilang jumlah benda menjumlahkan benda dengan maksimal benda berjumlah 20.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PENGARUH BERMAIN INTERAKTIF TERHADAP KEMAMPUAN SAINS DAN MATEMATIKA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK NEGERI 1 SAMARINDA |
---|---|
Pengarang | BINTANG HIDAYAH - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI BIN p 2024 |
Subyek | Anak Usia Dini BERMAIN INTERAKTIF Kemampuan Sains dan Matematika loosepart |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2024 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | Ilmu Pendidikan |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY