PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBANTUAN APLIKASI CANVA TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI KELAS X SMA IT GRANADA SAMARINDA
Rapsan, 2024. Pengaruh Media Pembelajaran Interaktif Berbantuan Aplikasi Canva Terhadap Hasil Belajar dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Materi Keanekaragaman Hayati Kelas X di SMA Islam Terpadu Granada Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Drs. H. Jailani, M.Si selaku dosen pembimbing. Siswa kelas X SMA IT Granada Samarinda memiliki pehaman yang rendah terhadap materi keanekaragaman serta keterampilan berfikir kritis, dlihat pada rata-rata ulangan harian siswa lebih renda dibwah KKM yaitu 76, disebabkan oleh beberapa faktor seperti pengguna media pembelajaran yang kurang menarik dan interaktif sehingga siswa merasa cepat bosan dan susah fokus dalam belajar. Media pembelajaran yang menarik dapat meningkatkan keterampilan berpikir siswa, menarik minat siswa dalam belajar serta menjaga fokus siswa sehingga didapatkan hasil belajar yang maksimal. Sehingga perlu adanya penggunaan media pembelajaran yang tepat untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa dan hasil belajar siswa, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran interaktif berbantuan aplikasi canva terhadap hasil belajar dan keterampilan berpikir kritis siswa materi keanekaragaman hayati kelas X di SMA IT Granada Samarinda. Jenis penelitian yaitu menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperimen dengan rancangan penelitian yang digunakan yaitu non-equivalent control group design. Pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling dengan kelas eksperimen yakni kelas XA2 dan kelas kontrol yakni kelas XA1. Teknik analisis data menggunakan uji Independent Sample t Test. Hasil analisis data yang diperoleh yaitu menunjukkan nilai sig. 2 tailed sebesar 0,017 dan 0,016, nilai tersebut lebih kecil dari 0,05 sehingga Ha diterima. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh media pembelajaran interaktif berbantuan aplikasi canva terhadap hasil belajar dan keterampilan berpikir kritis siswa materi keanekaragaman hayati kelas X di SMA Islam Terpadu Granada Samarinda.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBANTUAN APLIKASI CANVA TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI KELAS X SMA IT GRANADA SAMARINDA |
---|---|
Pengarang | Rapsan - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI RAP p 2024 |
Subyek | Hasil Belajar Media Pembelajaran Interaktif Keterampilan Berpikir Kritis Canva |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2024 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | Pendidikan Biologi |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY