PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS AUGMENTED REALITY PADA MATERI RANGKAIAN ARUS SEARAH KELAS XII SMA
Pelaksanaan pendidikan tidak terlepas dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Penggunaan media yang terintegrasi teknologi untuk pembelajaran diharapkan mampu mengatasi kejenuhan dalam belajar dan memotivasi siswa dalam proses belajar. Salah satu penerapan teknologi yang digunakan sebagai media pembelajaran yaitu Augmented Reality (AR). Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis Augmented Reality (AR) pada materi rangkaian arus searah dan menguji kelayakan serta respon pengguna dari media yang dikembangkan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4D (Define, Design, Develop, Disseminate), namun penelitian ini hanya berfokus pada tiga tahapan yaitu Define, Design dan Development. Data diperoleh dari tahap Define yang menghasilkan analisis kebutuhan media, tahap Design diperoleh hasil perancangan media berupa prototype aplikasi dan buku penunjang. Pada tahap development diperoleh hasil validasi ahli dari aspek materi dan media, kemudian diujicobakan kepada kelompok kecil peserta didik SMA kelas XII IPA sebanyak 15 orang, hasil pada tahap develop diperoleh bahwa media AR rangkaian arus searah dinilai sangat layak berdasarkan hasil validasi aspek materi 89% dan aspek media 93% yang secara keseluruhan sebesar 91%. Hasil respon uji coba kelompok kecil sangat baik dengan persentase 81%. Disimpulkan bahwa media pembelajaran AR rangkaian arus searah yang dikembangkan mendapatkan respon yang sangat baik dari siswa dan layak digunakan sebagai media pembelajaran. Sehingga media pembelajaran AR yang dikembangkan dapat digunakan sebagai media alternatif pada materi rangkaian arus searah.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS AUGMENTED REALITY PADA MATERI RANGKAIAN ARUS SEARAH KELAS XII SMA |
---|---|
Pengarang | NURHAYATI - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI NUR p 2024 |
Subyek | Augmented Reality Media Pembelajaran 4-D kelayakan media Respon pengguna |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2024 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | matematika dan ilmu pengetahuan alam |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY