Detail Cantuman Kembali
Devi Savitri - Personal Name

HIERARKI KEBUTUHAN TOKOH DALAM FILM NANTI KITA CERITA TENTANG HARI INI KARYA ANGGA DWIMAS SASONGKO: KAJIAN PSIKOLOGI HUMANISTIK ABRAHAM MASLOW

Film merupakan karya sastra modern yang sangat disukai banyak golongan. Pada dasarnya sebuah karya sastra merupakan tiruan dari realitas yang dialami oleh manusia. Selama menjalani kehidupan sebagai manusia pasti mengalami suatu pertumbuhan dan perkembangan, baik dari segi fisik maupun psikologis. Seiring bertambahnya usia seseorang maka semakin bertambah pula kebutuhannya. Begitu pula yang dialami oleh tokoh-tokoh dalam film Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji hierarki kebutuhan yang ada pada tokoh Angkasa, Aurora, dan Awan dalam film Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini karya Angga Dwimas Sasongko.
Penelitian ini menggunakan penelitian pustaka dengan metode deskriptif kualitatif dan pendekatan psikologi sastra oleh Abraham Maslow mengenai hierarki kebutuhan manusia untuk melihat hierarki yang ada pada tokoh dalam film Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini karya Angga Dwimas Sasongko. Data yang diperoleh dalam penelitian ini melalui kata-kata, dialog, serta gambar yang ada dalam film Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini yang akan dianalisis melalui fakta cerita dan teori hierarki kebutuhan. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan.
Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa adanya hierarki kebutuhan yang berupa kebutuhan fisik, kebutuhan rasa aman, kebutuhan rasa cinta, kebutuhan akan penghargaan dan aktualisasi diri pada tokoh Angkasa, Aurora, dan Awan dalam film Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini karya Angga Dwimas Sasongko. Penelitian ini juga memaparkan sebab akibat ketika kebutuhan tersebut tidak terpenuhi, karena ketiga tokoh tersebut tidak sepenuhnya mendapatkan aktualisasi diri mereka.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul HIERARKI KEBUTUHAN TOKOH DALAM FILM NANTI KITA CERITA TENTANG HARI INI KARYA ANGGA DWIMAS SASONGKO: KAJIAN PSIKOLOGI HUMANISTIK ABRAHAM MASLOW
Pengarang Devi Savitri - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI DEV h 2024
Subyek Film
Psikologi Humanistik
hierarki kebutuhan
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2024
Penerbit Fakultas Ilmu Budaya
Jurusan Sastra Indonesia
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua