Detail Cantuman Kembali
Riyandri - Personal Name

PEMETAAN STATUS HARA TANAH (N-TOTAL, P-TERSEDIA DAN K-TERSEDIA) PADA LAHAN SAWAH KETILAPM KABUPATEN KUTAI BARAT

RIYANDRI. Pemetaan Status Hara Tanah (N-Total, P-Tersedia Dan K-Tersedia) pada Lahan Sawah Ketilapm Kabupaten Kutai Barat. Fakultas Pertanian Universitas Mulawarman, 2024. (dibawah bimbingan Yoga Toyibulah)
Lahan sawah merupakan lahan pertanian yang umumnya digunakan untuk menanam padi sawah. Setiap lahan tentunya memiliki status hara tanah yang berbeda-beda. Peta status kesuburan tanah dapat menggambarkan ketersediaan N, P, dan K tanah dalam kondisi sangat rendah, rendah, sedang, tinggi dan sangat tinggi yang dapat digunakan sebagai informasi untuk penetapan dosis pupuk bagi tanaman agar mendapat hasil pemupukan yang optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui status hara serta sebaran status hara di lahan Sawah Ketilapm Kabupaten Kutai Barat.
Penelitian dilakukan pada Bulan Desember 2023 s/d Bulan Mei 2024. Penelitian ini dilaksanakan dengan metode survei grid kaku dengan kerapatan pengambilan contoh tanah tiap 300 m, titik sampel pengamatan sebanyak 8 sampel dengan luas lahan 100,26 ha lalu sampel tanah di analisis N-Total, P-Tersedia dan K-Tersedia di laboratorium, kemudian data hasil analisis laboratorium dilakukan analisis spasial menggunakan metode interpolasi IDW untuk menghasilkan peta status hara tanah.
Hasil penelitian menunjukan sebaran ketersediaan unsur hara tanah pada lahan sawah Ketilapm Kabupaten Kutai Barat yaitu unsur hara N yang berstatus sedang dengan luasan 17,20 ha, status tinggi dengan luasan 38,43 ha dan status sangat tinggi dengan luasan 44,63 ha. Unsur hara P yang berstatus tinggi yaitu dengan luasan 17,50 ha dan status sangat tinggi dengan luasan 82,76 ha. Unsur hara K yang berstatus tinggi yaitu dengan luasan 21,29 ha dan status sangat tinggi dengan luasan 79,97 ha.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PEMETAAN STATUS HARA TANAH (N-TOTAL, P-TERSEDIA DAN K-TERSEDIA) PADA LAHAN SAWAH KETILAPM KABUPATEN KUTAI BARAT
Pengarang Riyandri - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI RIY p 2024
Subyek Unsur hara
Lahan Sawah
Peta Kesuburan Tanah
Survei Grid Kaku
Interpolasi IDW
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2024
Penerbit Fakultas Pertanian
Jurusan Agroekoteknologi
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua