HUBUNGAN OPTIMISME DENGAN DAYA JUANG SISWA SELAMA PENGGUNAAN TEKNOLOGI DAN APLIKASI PENDUKUNG DALAM PROSES PEMBELAJARAN
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan optimisme dengan daya juang siswa selama penggunaan teknologi dan aplikasi pendukung dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah 186 siswa Ma. Darul Ihsan Samarinda yang dipilih dengan menggunakan teknik random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah skala optimisme dan daya juang siswa.
Hasil Uji validitas skala daya juang yaitu terdapat 18 aitem yang valid dengan nilai alpha sebesar 0.733 dan skala optimisme yaitu terdapat 23 aitem yang valid dengan nilai alpha sebesar 0.822. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tidak ada hubungan yang signifikan antara optimisme dan daya juang siswa selama penggunaan teknologi dan aplikasi pendukung dalam proses pembelajaran dengan nilai r hitung = 0.069, dan p = 0.185 (p>0.05). Artinya, optimisme dan kemampuan daya juang siswa Ma. Darul Ihsan Samarinda tinggi tetapi tidak berhubungan dalam menghadapi kesulitan dalam belajar.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | HUBUNGAN OPTIMISME DENGAN DAYA JUANG SISWA SELAMA PENGGUNAAN TEKNOLOGI DAN APLIKASI PENDUKUNG DALAM PROSES PEMBELAJARAN |
---|---|
Pengarang | TIKA AMALIA - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI TIK h 2024 |
Subyek | optimisme daya juang siswa |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2024 |
Penerbit | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik |
Jurusan | PSIKOLOGI |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY