PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS IKLAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 21 SAMARINDA
Yosia, 2024. Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Iklan Menggunakan Model Pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) Pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 21 Samarinda. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman. Dibimbing oleh Prof. Dr. H. Yusak Hudiyono, M.Pd., pembimbing I dan oleh Tri Indrahastuti, S.Sn.,M.Sn., pembimbing II
Penelitian ini bertujuan untuk tercapainya target hasil belajar siswa didalam proses pembelajaran yang terjadi interaksi aktif antara guru dan siswa. penelitian ini perlunya dilakukan pembaharuan dalam peningkatan kreativitas mengajar guru dan dalam pengelolaan lemahnya kualitas belajar siswa terutama dalam menulis teks iklan. Dalam kegiatan pembelajaran, materi yang disampaikan tidak kontekstual dan kinerja siswa rendah, baik secara proses maupun model belajarnya.Teknik pengumpulan data melalui lembar observasi, wawancara, dokumentasi dan refleksi untuk mengetahui aktivitas belajar siswa dan lembar soal untuk mengetahui hasil belajar siswa. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan rumus peningkatan hasil belajar, ketuntasan individu, dan ketuntasan belajar. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa dengan penerapan model kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VIII G SMP Negeri 21 Samarinda terhadap materi menyajikan teks iklan pada siklus I hasil belajar siswa mencapai ketuntasan 71,43% pada siklus II mencapai 95,24%. Dilihat dari skor N-Gain pada siklus I sebesar 0,13% dan siklus II 0,32%, hal ini berarti mengalami peningkatan sebesar 0,19% dengan kategori N-Gain score sedang. Dari hasil analisis dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam menulis teks iklan pada mata pelajaran Bahasa Indonesia.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS IKLAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 21 SAMARINDA |
---|---|
Pengarang | Yosia - Personal Name |
No. Panggil | SkRIPSI YOS p 2024 |
Subyek | Model Pembelajaran Peningkatan iklan SMP Student Team Achievement Division (STAD) |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2024 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY