Detail Cantuman Kembali
Nurul Hidayah - Personal Name

PENERAPAN FUZZY TIME SERIES USING PERCENTAGE CHANGE (Studi Kasus : Jumlah Penduduk Kalimantan Timur Dari Tahun 1980 Sampai Dengan Tahun 2013)

ABSTRAK

Nurul Hidayah,” Penerapan Metode Fuzzy Time Series Using Percentage Change (Studi Kasus : Jumlah Penduduk Kalimantan Timur Tahun 1980 sampai dengan Tahun 2013)”, di bawah bimbingan ibu Ika Purnamasari, S.Si.,M.Si selaku pembimbing I dan ibu Memi Nor Hayati, S.Si.,M.Si selaku pembimbing II.
Pada tahun 1993 Song dan Chissom memperkenalkan metode fuzzy time series yang mampu menangani masalah data peramalan jika data historis berupa nilai-nilai linguistik. Penelitian tersebut menggunakan garis besar pemodelan dengan cara persamaan relasi fuzzy dan penalaran perkiraan untuk memprediksi jumlah mahasiswa. Pada penelitian ini, teori pendekatan terhadap fuzzy time series yang digunakan adalah fuzzy time series using percentage change yang dikembangkan oleh Stevenson dan Porter pada tahun 2009. Studi kasus yang digunakan dalam penelitian ini adalah jumlah penduduk Provinsi Kalimantan Timur. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan metode fuzzy time series using percentage change pada jumlah penduduk Kalimantan Timur dari tahun 1980 sampai dengan tahun 2013. Peramalan dilakukan menggunakan nilai linguistik dari himpunan fuzzy yang terbentuk dari nilai selisih dan diubah ke dalam bentuk persentase dari semesta pembicaraan sebagai nilai datanya. Berdasarkan hasil penerapan pada metode fuzzy time series using percentage change tersebut diperoleh 12 himpunan fuzzy yang merupakan linguistik dari data tersebut, dengan nilai akurasi peramalan dari tahun 1981 sampai dengan 2013 menggunakan metode AFER (Avarage Forcasting Error Rate) yaitu sebesar 0,557 %.

Kata Kunci: AFER, Fuzzy time series, Himpunan Fuzzy, Nilai linguistik

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENERAPAN FUZZY TIME SERIES USING PERCENTAGE CHANGE (Studi Kasus : Jumlah Penduduk Kalimantan Timur Dari Tahun 1980 Sampai Dengan Tahun 2013)
Pengarang Nurul Hidayah - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2016
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua