Detail Cantuman Kembali
Sisca Arianingtyas - Personal Name

Pengembangan Tujuan Pembelajaran dan Item Tugas pada Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Kreativitas Ilmiah (Materi: Usaha dan Energi)

Salah satu faktor yang mempengaruhi rendahnya kreativitas ilmiah peserta didik yaitu karena indikator hasil belajar dan lembar kerja yang kurang mendukung dalam meningkatkan kreativitas ilmiah. Pengembangan tujuan pembelajaran dan item tugas pada LKPD berbasis kreativitas ilmiah sangat diperlukan untuk meningkatkan kreativitas ilmiah peserta didik. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan validitas tujuan pembelajaran dan validitas item tugas pada LKPD berbasis kreativitas ilmiah materi usaha dan energi. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan Borg and Gall dari tahap satu sampai delapan. Pengumpulan data dilakukan melalui angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah validitas tujuan pembelajaran dan validitas item tugas pada lembar kerja peserta didik berbasis kreativitas ilmiah materi usaha dan energi. Subjek penelitian ini yaitu Mahasiswa Pendidikan Fisika angkatan 2023 berjumlah 12 mahasiswa dan objek penelitian ini yaitu tujuan pembelajaran dan item tugas pada lembar kerja peserta didik berbasis kreativitas ilmiah materi usaha dan energi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tujuan pembelajaran berada pada kategori sangat valid, dengan rata-rata persentase skor sebesar 87%. Hasil item tugas pada tiap indikator memperoleh nilai CVR sebesar 1 yang melebihi nilai kritis (≥0,736) berada pada kategori valid. Melalui hasil penelitian ini, tujuan pembelajaran dan item tugas berbasis kreativitas ilmiah materi usaha dan energi yang dikembangkan ini menjadi rekomendasi bagi guru untuk dijadikan sebagai acuan dalam membuat lembar kerja peserta didik untuk kegiatan pembelajaran yang dapat meningkatkan kreativitas ilmiah peserta didik.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Pengembangan Tujuan Pembelajaran dan Item Tugas pada Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Kreativitas Ilmiah (Materi: Usaha dan Energi)
Pengarang Sisca Arianingtyas - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI SIS p 2024
Subyek Usaha dan Energi
Kreativitas Ilmiah
Tujuan Pembelajaran
Item Tugas
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2024
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jurusan Pendidikan Fisika
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua