PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) STAD PADA MATERI PERKEMBANGAN TEORI ATOM TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA
Pembelajaran kooperatif tipe STAD merupakan salah satu model pembelajaran yang menjadi solusi dalam pembelajaran karena menekankan pada adanya aktivitas dan interaksi diantara siswa untuk saling memotivasi dan saling membantu dalam menguasai materi pelajaran guna untuk meningkatkan hasil belajar kimia siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions) pada materi perkembangan teori atom terhadap hasil belajar kimia siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi- eksperimen dengan desain yaitu nonequivalent control group design. Sampel penelitian ini terdiri dari dua kelompok, yaitu kelompok kontrol yang menerima pembelajaran konvensional (langsung) dan kelompok eksperimen yang menerima pembelajaran dengan model STAD. Data hasil belajar dikumpulkan melalui post test dan ulangan harian serta lembar observasi aktivitas guru dan peserta didik yang sebagai data pendukung kemudian dianalisis menggunakan teknik statistik yang sesuai. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD secara signifikan meningkatkan hasil belajar kimia siswa dalam materi perkembangan teori atom dibandingkan dengan pembelajaran konvensional (Langsung). Penelitian ini bisa menjadi alternatif penggunaan model pembelajaran untuk meningkatkan pemahaman dan pencapaian dalam mata pelajaran kimia siswa SMA Islam Samarinda.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) STAD PADA MATERI PERKEMBANGAN TEORI ATOM TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA |
---|---|
Pengarang | Dewi Lastari - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI DEW p 2024 |
Subyek | pengaruh Tipe STAD Model Pembelajaran Kooperatif , Hasil belajar |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2024 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | Pendidikan Kimia |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY