Detail Cantuman Kembali
Anastasia Alenita Kara - Personal Name

PENERAPAN AROMATERAPI LAVENDER PADA PERUBAHAN TINGKAT KECEMASAN MAHASISWA AKHIR DALAM PENYUSUNAN KARYA TULIS ILMIAH (KTI) DI PRODI D-III KEPERAWATAN UNIVERSITAS MULAWARMAN

Latar Belakang: Kecemasan merupakan perasaan khawatir yang berlebihan dan tidak fokus, yang dapat menimbulkan gejala emosional, kognitif, fisik, dan perilaku. Aromaterapi merupakan terapi essensial oil yang dapat meringankan serta mengatasi gangguan mental salah satunya kecemasan .
Tujuan : untuk mengetahui adanya perubahan tingkat kecemasan sebelum dan sesudah diberikan aromaterapi lavender.
Metode: Penelitian ini menggunakan pendekatan studi kasus, dengan jumlah sampel 13 responden yang mengalami kecemasan ringan-sangat berat, dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling, alat ukur penelitian ini menggunakan kuesioner HARS (Hamilton Anxiety Rating Scale).
Hasil: Hasil penelitian ini menunjukan adanya perubahan tingkat kecemasan yang cukup signifikan. Dimana 4 responden dengan kecemasan ringan menjadi normal, 4 responden yang mengalami kecemasan sedang menjadi normal dan ringan, 3 responden yang mengalami kecemasan berat menjadi ringan dan 1 responden yang mengalami kecemasan sangat berat menjadi sedang.
Kesimpulan: Bahwa hasil penelitian menunjukan adanya perubahan skor HARS sebelum dan setelah diberikan terapi aromaterapi, maka aromaterapi lavender dapat digunakan untuk mengurangi tingkat kecemasan.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENERAPAN AROMATERAPI LAVENDER PADA PERUBAHAN TINGKAT KECEMASAN MAHASISWA AKHIR DALAM PENYUSUNAN KARYA TULIS ILMIAH (KTI) DI PRODI D-III KEPERAWATAN UNIVERSITAS MULAWARMAN
Pengarang Anastasia Alenita Kara - Personal Name
No. Panggil LAPORAN TUGAS AKHIR ANA p 2024
Subyek Tingkat Kecemasan
Aromaterapi lavender
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2024
Penerbit Fakultas Kedokteran
Jurusan D-III Keperawatan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua