Detail Cantuman Kembali
Deny Prayogo Halim - Personal Name

Uji toksisitas Akut Daun nangka (Artocarpus heterophyllus) dan pengaruhnya terhadap insang benih ikan mas (Cyprinus carpio L)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat toksisitas akut Daun nangka(Artocarpus heterophyllus), menganalisis perubahan histopatologis insang dan gejala klinis benih ikan mas (C.carpio). Penelitian ini dilaksanakan selama 6 bulan di Laboratorium Toksikologi Perairan, jurusan Budidaya Perairan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Mulawarman. Uji toksisitas dilakukan dua tahap, yaitu uji pendahuluan untuk menentukan nilai konsentrasi ambang bawah dan tahap uji lanjut untuk menentukan tingkat konsentrasi bahan uji. Untuk uji pendahuluan diperoleh nilai konsentrasi ambang bawah 100 mg/L dan konsentrasi ambang atas 1000mg/L. Konsentrasi uji lanjut yang digunakan adalah 0 mg/L (kontrol), 125,9 mg/L (P1), 200 mg/L (P2), 316 mg/L (P3), 500,5 (P4), dan 793 (P5). Untuk Menentukan nilai LC50-96 jam dianalisis menggunakan analisis Probabilitas Unit (Probit), dan histopathologis insang dan gejala klinis benih ikan mas dianalisis secara deskriptif. Hasil pengamatan menunjukkan bahwa LC50-96 jam larutan daun nangka (Artocarpus heterophyllus) sebesar 695,42 mg/L, yang berarti larutan daun nangka dapat membunuh 50% hewan uji dengan konsentrasi 695,42 mg/L dan tergolong dalam kategori toksisitas Ringan. Hasil histopathologis insang memperlihatkan terjadinya kerusakan akibat paparan daun nangka berupa Oedema, Hiperplasia, dan Fusi lamella sedangkan respon fisiologi ditunjukan dengan perubahan pola renang ikan mas dari konsentrasi rendah hingga tertinggi dan berkurang nya reflek pada ikan yang terpapar oleh daun nangka selama 96 jam. Kata Kunci: Daun nangka (Artocarpus heterophyllus), Histopathologis, Ikan mas (Cyprinus .carpio L), Insang, Toksisitas.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Uji toksisitas Akut Daun nangka (Artocarpus heterophyllus) dan pengaruhnya terhadap insang benih ikan mas (Cyprinus carpio L)
Pengarang Deny Prayogo Halim - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI DEN u 2024
Subyek Toksisitas
insang
Daun nangka (Artocarpus heterophyllus)
Histopathologis
Ikan mas (C.carpio)
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2024
Penerbit Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan
Jurusan akuakultur
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua