KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DI KANTOR KECAMATAN LOA JANAN KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA
Ipana Lestari, Magister Administrasi Publik Universitas Mulawarman, 2024, Kualitas Pelayanan Publik di Kantor Kecamatan Loa Janan Kabupaten Kutai Kartanegara, Ketua Komisi Pembimbing: Dr. Heryono Susilo Utomo, M.Si dan Anggota Komisi Pembimbing: Dr. HM. Jamal Amin, M.Si. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan, menganalisis dan menginterpretasikan Kualitas Pelayanan Publik di Kantor Kecamatan Loa Janan Kabupaten Kutai Kartanegara bidang layanan perizinan, serta faktor pendukung dan penghambatnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif untuk mendapatkan deskripsi yang mendalam tentang Kualitas Pelayanan Publik di Kantor Kecamatan Loa Janan Kabupaten Kutai Kartanegara. Data yang didapatkan dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi, yang kemudian dianalisis dengan menggunakan model analisis Model analisis data interaktif. Hasil penelitian menunjukkan pelayanan publik merupakan elemen kunci dalam interaksi antara pemerintah dan masyarakat, dengan kualitas pelayanan yang langsung mempengaruhi persepsi dan kepuasan masyarakat terhadap pemerintahan. Kualitas pelayanan diukur melalui lima dimensi utama: bukti fisik, keandalan, daya tanggap, jaminan, dan empati. Di Kecamatan Loa Janan, beberapa aspek kualitas pelayanan publik sudah baik, terutama dalam hal fasilitas fisik dan penampilan petugas, namun masih ada area yang perlu perhatian, seperti keramahan petugas dan kelengkapan komunikasi. Pelayanan perizinan umumnya berjalan baik dari segi akurasi informasi dan ketepatan waktu, meskipun ada ruang untuk peningkatan. Daya tanggap petugas sangat baik dengan proses yang lancar dan respons cepat, mencerminkan komitmen terhadap pelayanan pelanggan yang efisien dan efektif. Tingkat keamanan, kompetensi petugas, dan kepercayaan yang tinggi menunjukkan bahwa Kecamatan Loa Janan bisa menjadi model pelayanan publik bagi wilayah lain. Empati petugas meningkatkan kepuasan warga dan kepercayaan mereka terhadap pemerintah. Faktor pendukung pelayanan publik yang baik termasuk transparansi, kecepatan pelayanan, sistem informasi terintegrasi, fasilitas memadai, keramahan dan kompetensi petugas, kerjasama tim, dan upaya peningkatan sistem dan layanan, sementara faktor penghambat meliputi proses yang memakan waktu serta keterbatasan akses dan sumber daya.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DI KANTOR KECAMATAN LOA JANAN KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA |
---|---|
Pengarang | Ipana Lestari - Personal Name |
No. Panggil | TESIS IPA k 2024 |
Subyek | Pelayanan Publik Kualitas Kecamatan Loa Janan |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2024 |
Penerbit | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik |
Jurusan | MAGISTER ADMINISTRASI PUBLIK |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY