Detail Cantuman Kembali
Ipana Lestari - Personal Name

KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DI KANTOR KECAMATAN LOA JANAN KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Ipana Lestari, Magister Administrasi Publik Universitas Mulawarman, 2024, Kualitas Pelayanan Publik di Kantor Kecamatan Loa Janan Kabupaten Kutai Kartanegara, Ketua Komisi Pembimbing: Dr. Heryono Susilo Utomo, M.Si dan Anggota Komisi Pembimbing: Dr. HM. Jamal Amin, M.Si. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan, menganalisis dan menginterpretasikan Kualitas Pelayanan Publik di Kantor Kecamatan Loa Janan Kabupaten Kutai Kartanegara bidang layanan perizinan, serta faktor pendukung dan penghambatnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif untuk mendapatkan deskripsi yang mendalam tentang Kualitas Pelayanan Publik di Kantor Kecamatan Loa Janan Kabupaten Kutai Kartanegara. Data yang didapatkan dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi, yang kemudian dianalisis dengan menggunakan model analisis Model analisis data interaktif. Hasil penelitian menunjukkan pelayanan publik merupakan elemen kunci dalam interaksi antara pemerintah dan masyarakat, dengan kualitas pelayanan yang langsung mempengaruhi persepsi dan kepuasan masyarakat terhadap pemerintahan. Kualitas pelayanan diukur melalui lima dimensi utama: bukti fisik, keandalan, daya tanggap, jaminan, dan empati. Di Kecamatan Loa Janan, beberapa aspek kualitas pelayanan publik sudah baik, terutama dalam hal fasilitas fisik dan penampilan petugas, namun masih ada area yang perlu perhatian, seperti keramahan petugas dan kelengkapan komunikasi. Pelayanan perizinan umumnya berjalan baik dari segi akurasi informasi dan ketepatan waktu, meskipun ada ruang untuk peningkatan. Daya tanggap petugas sangat baik dengan proses yang lancar dan respons cepat, mencerminkan komitmen terhadap pelayanan pelanggan yang efisien dan efektif. Tingkat keamanan, kompetensi petugas, dan kepercayaan yang tinggi menunjukkan bahwa Kecamatan Loa Janan bisa menjadi model pelayanan publik bagi wilayah lain. Empati petugas meningkatkan kepuasan warga dan kepercayaan mereka terhadap pemerintah. Faktor pendukung pelayanan publik yang baik termasuk transparansi, kecepatan pelayanan, sistem informasi terintegrasi, fasilitas memadai, keramahan dan kompetensi petugas, kerjasama tim, dan upaya peningkatan sistem dan layanan, sementara faktor penghambat meliputi proses yang memakan waktu serta keterbatasan akses dan sumber daya.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DI KANTOR KECAMATAN LOA JANAN KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA
Pengarang Ipana Lestari - Personal Name
No. Panggil TESIS IPA k 2024
Subyek Pelayanan Publik
Kualitas
Kecamatan Loa Janan
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2024
Penerbit Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Jurusan MAGISTER ADMINISTRASI PUBLIK
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua