PENGARUH CUSTOMER EXPERIENCE DAN CUSTOMER BONDING TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN CV PRINT KAIN DAN KONVEKSI ETAMS APPAREL SAMARINDA
Industri konveksi di Indonesia semakin berkembang dari waktu kewaktu, salahh satunya CV. Print Kain dan Konveksi Etams Apparel Samarinda. CV ini merupakan suatu bentuk usaha di bidang pendistribusian dengan model penjualan dan pembelian barang-barang konveksi. Untuk dapat mewujudkan loyalitas pelanggan yang industri membutuhkan pengalaman pelanggan dan ikatan pelanggan yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah customer experience berpengaruh secara parsial terhadap loyalitas pelanggan CV. Print Kain dan Konveksi Etams Apparel Samarinda, apakah customer bonding berpengaruh secara parsial terhadap loyalitas pelanggan CV. Print Kain dan Konveksi Etams Apparel Samarinda dan apakah customer Experience dan customer bonding berpengaruh secara simultan terhadap loyalitas pelanggan CV. Print Kain dan Konveksi Etams Apparel Samarinda. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian ex post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan CV. Print Kain dan Konveksi Etams Apparel Samarinda. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan Teknik Accidental Sampling dengan total sampel adalah 84 orang. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah kuesioner/Angket. Uji hipotesis menggunakan uji t, uji f dan uji determinasi (R2) sedangkan untuk menganalisis data yang digunakan ialah analisis regresi linear berganda dengan menggunakan program SPSS versi 25. Hasil penelitian yang didapatkan dengan menggunakan uji t dan uji F menunjukkan bahwa secara parsial customer experience berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan, customer bonding berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan, dan secara simultan customer experiecne dan customer bonding berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Dalam uji koefisien determinasi (R2) didapatkan hasil data sebesar 38,4% yang dapat dijelaskan oleh variabel customer experience dan customer bonding, sedangkan sisanya 61,6% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.Perusahaan yang ingin meningkatkan loyalitas pelanggannya perlu meningkatan beberapa variable seperti customer experience dan customer bonding. Yang mana Customer experience mengacu pada pengalaman yang dirasakan pelanggan dalam setiap interaksi dengan perusahaan, dan customer bonding mengacu pada ikatan emosional yang terjalin antara pelanggan dan perusahaan.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PENGARUH CUSTOMER EXPERIENCE DAN CUSTOMER BONDING TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN CV PRINT KAIN DAN KONVEKSI ETAMS APPAREL SAMARINDA |
---|---|
Pengarang | Ice Susilawati - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI ICE p 2024 |
Subyek | Customer Experience Loyalitas Pelanggan Customer Bonding |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2024 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | Pendidikan Ekonomi |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY