Detail Cantuman Kembali
MARGARETHA DEWI PUSPITA - Personal Name

ANALISIS PUTUSAN HAKIM ATAS TINDAK PIDANA MALAPRAKTIK YANG MENGAKIBATKAN KEBUTAAN PERMANEN PADA PASIEN (STUDI PUTUSAN NOMOR 1441/PID.SUS/2019/PN. MKS)

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemenuhan asas keadilan pertimbangan hakim dalam memutus kasus tindak pidana malapraktik kedokteran pada putusan pengadilan negeri a quo terhadap asas keadilan, Kedua, untuk menganalisis pembuktian terkait tindakan medis yang dilakukan terdakwa sebagai kelalaian/kealpaan yang menyebabkan orang lain mengalami luka berat sesuai yang diatur dalam KUHP. Metode penelitian yang digunakan ialah pendekatan doktrinal dengan menggunakan pendekatan konseptual, pendekatan kasus dan pendekatan perundang-undangan. Bahan hukum yang digunakan ialah terdiri dari bahan hukum primer berupa KUHP, UU No. 29 tahun 2004, UU No. 17 tahun 2023 dan lain-lain. Kemudian bahan hukum sekunder berupa jurnal, buku, dan penelitian sebelumnya. Bahan hukum tersier berupa kamus hukum dan KBBI. Dari hasil penelitian, diketahui bahwasanya pertimbangan hakim dalam putusan nomor 1441/Pid.Sus/2019/Mks adalah kurang pertimbangan. Hakim jelas mengesampingkan beberapa fakta-fakta di pengadilan dan lebih fokus pada keadaan profesi terdakwa sebagai dokter, dengan kesimpulan bahwa tindakan terdakwa adalah resiko medis dan bukan kelalaian medis. Padahal, unsur-unsur malapraktik terbukti lewat fakta yuridis di persidangan. Banyak bukti pelanggaran dan kelalaian yang harusnya cukup bagi hakim untuk menjatuhkan pidana bagi terdakwa.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul ANALISIS PUTUSAN HAKIM ATAS TINDAK PIDANA MALAPRAKTIK YANG MENGAKIBATKAN KEBUTAAN PERMANEN PADA PASIEN (STUDI PUTUSAN NOMOR 1441/PID.SUS/2019/PN. MKS)
Pengarang MARGARETHA DEWI PUSPITA - Personal Name
No. Panggil Skripsi MAR a 2024
Subyek Malapraktik
Pertimbangan Hakim
keadilan
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2024
Penerbit Fakultas Hukum
Jurusan Ilmu Hukum
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua