UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI PENJUMLAHAN PECAHAN MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE STAD MENGGUNAKAN MEDIA PUZZLE SISWA KELAS V SDN 004 SAMARINDA ILIR TAHUN PEMBELAJARAN 2023/2024
Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas V SDN 004 Samarinda Ilir khususnya pada mata pelajaran Matematika. Rumusan masalah dalam penelitian ini Bagaimana Meningkatkan Hasil Belajar Materi Penjumlahan Pecahan Melalui Model Kooperatif Tipe STAD menggunakan Media Puzzle Siswa kelas V SD Negeri 004 Samarinda Ilir?. Maka tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar Materi Penjumlahan Pecahan melalui Model Kooperatif Tipe STAD dengan menggunakan Media Puzzle.
Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan sebanyak tiga Siklus dan masing-masing siklus dilaksanakan dua kali pertemuan, Penelitian ini dilaksanakan di SDN 004 Samarinda Ilir pada semester genap Tahun Pembelajaran 2023/2024. Prosedur penelitian ini terdiri empat tahap yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa-siswi kelas V C SDN 004 Samarinda Ilir yang berjumlah 26 siswa dan objek penelitian ini adalah hasil belajar pemahaman dan pengetahuan Matematika materi Penjumlahan Pecahan dengan model Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) menggunakan Media Puzzle pada materi Penjumlahan Pecahan. Teknik Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan rata-rata, persentase, peningkatan hasil belajar, aktivitas guru dan aktivitas siswa.
Hasil penelitian ini menunjukan dari nilai rata-rata hasil belajar dari prasiklus sebesar 63 dengan persentase siswa yang tuntas 31% sebanyak 8 siswa, kemudian meningkat menjadi 66 pada siklus I dengan persentase siswa yang tuntas 38% sebanyak 10 siswa sehingga persentase peningkatan hasil belajar dari data awal menjadi 4,76%. Pada silklus II nilai rata-rata meningkat menjadi 70 dengan persentase peningkatan dari data awal sebesar 11,11% dan persentase siswa yang tuntas sebesar 58% sebanyak 15 siswa. Dan pada siklus yang terakhir yaitu siklis III nilai rata-rata meningkat menjadi 81 dengan persentase peningkatan dari data awal sebesar 28,57%. Dari hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar materi penjumlahan pecahan melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan media Puzzle pada siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 004 Samarinda Ilir Tahun Pembelajaran 2023/2024 mengalami Peningkatan.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI PENJUMLAHAN PECAHAN MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE STAD MENGGUNAKAN MEDIA PUZZLE SISWA KELAS V SDN 004 SAMARINDA ILIR TAHUN PEMBELAJARAN 2023/2024 |
---|---|
Pengarang | ALFRIDA - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI ALF u 2024 |
Subyek | Hasil Belajar Penjumlahan Pecahan , Model Kooperatif Tipe STAD Puzzle. |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2024 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY