PENGARUH INOVASI JAM KERJA PELAYANAN MALAM (JAJANAN MALAM) TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DI KANTOR KELURAHAN SATIMPO KOTA BONTANG
Kebutuhan masyarakat untuk mendapatkan pelayanan publik yang memiliki kualitas menuntut pemerintah melaksanakan banyak usaha untuk meningkatkan pelayananan agar dapat memenuhi harapan warga negara. Seperti upaya pemerintah yaitu dengan menciptakan layanan yang inovatif. Salah satunya di Kelurahan Satimpo Kota Bontang menciptakan inovasi jam kerja pelayanan malam atau singkatannya “jajanan malam” yang bertujuan untuk dapat meningkatkan pelayanan masyarakat yang ada kaitannya dengan pelayanan kelurahan, salah satunya pelayanan administrasi mengurus surat bagi sebagian masyarakat yang berkerja sebagai karyawan perusahaan serta membantu masyarakat yang belum sempat atau tidak dapat mengakses pelayanan di siang hari di Kantor Kelurahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh inovasi jam kerja pelayanan malam (jajanan malam) terhadap kualitas pelayanan publik di kelurahan satimpo kota bontang. Metode pada penelitian ini adalah kuantitatif dengan variable (x) inovasi pelayanan dan variable (y) kualitas pelayanan publik. Indikator dari variable x yaitu compatibility, complexity, observability, triability, dan relative advantage sedangkan indikator dari variable y yaitu reliability, responsiveness, tangible, emphaty dan assurance. Teknik pengumpulan data ialah menggunakan kuesioner yang disebar pada 99 responden. Lalu dianalisis menggunakan aplikasi SPSS 29. Hasil penelitian menyatakan bahwa nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,301 yang artinya pengaruh inovasi jam kerja pelayanan malam (jajanan malam) terhadap kualitas pelayanan publik di kantor kelurahan satimpo adalah sebesar 30,1% dan sisanya 69,9% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti pada penelitian ini.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PENGARUH INOVASI JAM KERJA PELAYANAN MALAM (JAJANAN MALAM) TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DI KANTOR KELURAHAN SATIMPO KOTA BONTANG |
---|---|
Pengarang | SELA SAPUTRI - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI SEL p 2024 |
Subyek | Pelayanan Publik Kualitas pelayanan publik Inovasi Pelayanan |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2024 |
Penerbit | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik |
Jurusan | ADMINISTRASI PUBLIK |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY