PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN PANCASILA MATERI GOTONG ROYONG MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN GAME INTERAKTIF WORDWALL PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 016 SUNGAI KUNJANG TAHUN PEMBELAJARAN 2023/2024
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas IV SDN 016 Sungai Kunjang khususnya muatan mata pelajaran Pendidikan Pancasila. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Pancasila Materi Gotong Royong Melalui Media Pembelajaran Game Interaktif Wordwall pada Siswa Kelas IV SDN 016 Sungai Kunjang Tahun Pembelajaran 2023/2024. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dengan dua siklus dan masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Prosedur penelitian ini terdiri dari empat tahap yaitu, oerencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 016 Sungai Kunjang yang berjumlah 31 siswa dan objek penelitian ini adalah hasil belajar muatan pelajaran pendidikan pancasila dan peningkatan setiap siklusnya menggunakan media wordwall. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan lembar observasi aktivitas siswa, lembar observasi aktivitas guru dan lembar tes evaluasi. Adapun teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan rata-rata, persentase dan grafik. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan nilai rata-rata siswa dari nilai pra siklus siswa 69,41 dengan persentase ketuntasan 35,48% predikat sangat kurang. Hasil belajar siswa pada siklus I mengalami peningkatan sebesar 7,32% dari nilai dasar pra siklus, dengan nilai rata-rata kelas 70,14 dengan persentase ketuntasan 54,83% cukup. Hasil belajar siswa siklus II mengalami peningkatan sebear 19,15% dari nilai dasar pra siklus, dengan nilai rata-rata kelas 77,41% predikat baik dengan 24 siswa tuntas dan 7 siswa tidak tuntas, serta mencapai lebih dari indikator keberhasilan yang diharapkan yaitu 75%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar pendidikan pancasila materi gotong royong melalui media pembelajaran game interaktif wordwall pada siswa kelas IV SDN 016 Sungai Kunjang Tahun Pembelajaran 2023/2024.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN PANCASILA MATERI GOTONG ROYONG MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN GAME INTERAKTIF WORDWALL PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 016 SUNGAI KUNJANG TAHUN PEMBELAJARAN 2023/2024 |
---|---|
Pengarang | Nur Mahmudah - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI NUR p 2024 |
Subyek | Hasil Belajar Gotong Royong Pendidikan Pancasila Media Geme Interaktif Wordwall. |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2024 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | pendidikan guru sekolah dasar |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY