Detail Cantuman Kembali
ROBBY RAHMATULLAH - Personal Name

ORIENTASI PERBANDINGAN PENGGUNAAN ANGGARAN BANTUAN KEUANGAN KHUSUS DESA (Studi Kasus RT 03 Dan RT 05 Desa Rebaq Rinding Kecamatan Muara Muntai Kab. Kukar)

Robby Rahmatullah, Program Studi Ilmu Pemerintahan, Fakultas IlmuSosial dan Ilmu Politik, Universitas Mulawarman, Studi Tentang Orientasi Perbandingan Penggunaan Anggaran Bantuan Keuangan Khusus Desa (Studi Kasus RT 03 Dan RT 05 Desa Rebaq Rinding Kecamatan Muara Muntai Kab.Kukar), dibawah bimbingan Bapak Budiman, S.IP., M.Si. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbandingan penggunaan anggaran beserta faktor yang mempengaruhi perbedaan penggunaan anggaran bantuan keuangan khusus desa pada RT 03 dan RT 05 di Desa Rebaq Rinding. Penelitian ini berfokus pada perbandingan penggunaan anggaran bantuan keuangan khusus desa antara RT 03 dan RT 05 di Desa Rebaq Rinding, serta menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi perbedaan penggunaan anggaran tersebut. Penelitian juga mengamati kepatuhan penggunaan anggaran bantuan keuangan khusus desa pada kedua RT berdasaran peraturan bupati Nomor 63 Tahun 2021 Tentang Bantuan Keuangan Khusus Kepada Desa. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui teknik purposive sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembangunan dan pemberdayaan di skala RT di Desa Rebaq Rinding mengacu pada Peraturan Bupati Nomor 63 Tahun 2021 tentang Bantuan Keuangan Khusus Kepada Desa yang meliputi adanya ketersediaan kendaraan operasional RT, kendala dalam operasionalisasi Adminduk melalui aplikasi Idaman RT, kendala dalam pembuatan dan pembaharuan peta dan profil RT, tidak adanya pelatihan dan peningkatan kapasitas kelompok masyarakat di lingkungan RT, adanya pelayanan dan kegiatan sosial masyarakat serta kegiatan sosial keagamaan, serta peningkatan ekonomi masyarakat melalui praktik gotong royong untuk membantu masyarakat miskin. Perlu perhatian lebih lanjut terhadap pelatihan dan peningkatan kapasitas serta pembuatan dan pembaharuan peta dan profil RT untuk meningkatkan efektivitas program pembangunan dan pemberdayaan di Desa Rebaq Rinding. Secara keseluruhan terlihat bahwa anggaran yang diterima oleh RT 03 dan RT 05 Desa Rebaq Rinding adalah sama, yang membedakannya adalah beberapa penggunaan anggaran dari kedua desa tersebut.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul ORIENTASI PERBANDINGAN PENGGUNAAN ANGGARAN BANTUAN KEUANGAN KHUSUS DESA (Studi Kasus RT 03 Dan RT 05 Desa Rebaq Rinding Kecamatan Muara Muntai Kab. Kukar)
Pengarang ROBBY RAHMATULLAH - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI ROB o 2024
Subyek Perbandingan
BKKD
ORIENTASI
RT 03
RT 05
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2024
Penerbit Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Jurusan ilmu pemerintahan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua