Detail Cantuman Kembali
Sinta Qorri Aina - Personal Name

Perbandingan Model Generalized Poisson Regression dan Negative Binomial Regression Berdasarkan Nilai Akaike Information Criterion (Studi Kasus: Tuberkulosis Paru di Indonesia Tahun 2022)

Regresi Poisson merupakan model regresi pada data diskrityangmemilikiasumsiequidispersionyaitunilaivariansisamadengan rata-rata. Secaraumumseringditemui data diskritdengannilaivariansi yang lebihbesardibandingkan rata-rataataudisebutdenganoverdispersion.PermasalahanoverdispersiondapatditanganidenganbeberapametodediantaranyaGeneralized Poisson Regression (GPR) dan Negative Binomial Regression (NBR).Kriteriapemilihan model terbaikmenggunakannilaiAkaike InformationCriterion (AIC)terkecil. Tujuan penelitianadalahuntukmendapatkan model terbaik pada perbandingan model antara GPR dan NBR berdasarkannilai AIC terkecilsehinggadapatdiketahuifaktor-faktorapa yang berpengaruhterhadapjumlahkasusTuberkulosis (TB)paru di Indonesia tahun 2022. Hasil penelitianmenunjukkanbahwa model NBR merupakanmodel terbaikdengannilai AIC sebesar 688,49 dan faktor-faktor yang berpengaruhyaitupersentaserumahtangga yang memilikiaksesterhadapsanitasilayak, tenagakeperawatan, dan persentasetingkatpendidikan yang ditamatkanadalah SMA sederajat.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Perbandingan Model Generalized Poisson Regression dan Negative Binomial Regression Berdasarkan Nilai Akaike Information Criterion (Studi Kasus: Tuberkulosis Paru di Indonesia Tahun 2022)
Pengarang Sinta Qorri Aina - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI SIN p 2024
Subyek overdispersion
GPR
TB Paru
AIC
NBR
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2024
Penerbit Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam
Jurusan Matematika
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua