Detail Cantuman Kembali
Fitri Nur Aini - Personal Name

Pengembangan MABATERA (Media Pembelajaran Buku Elektronik Teks Narasi) pada Siswa Kelas III Sekolah Dasar

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya pemahaman siswa dalam memahami teks bacaan. Selain itu, guru cenderung menggunakan metode pembelajaran ceramah sehingga tidak semua siswa dapat mengerti mengenai teks bacaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) Mengetahui proses pengembangan media pembelajaran e-book berbantuan book creator pada materi teks narasi kelas III sekolah dasar, 2) Mengetahui kelayakan media pembelajaran e-book dengan menggunakan book creator pada materi teks narasi kelas III sekolah dasar, dan 3) Mengetahui respon siswa terhadap e-book sebagai media pembelajaran pada materi teks narasi yang dikembangkan.
Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (RnD) dengan subjek siswa kelas III-B yang berjumlah 27 siswa. Penelitian dilaksanakan pada tahun ajaran 2023/2024 genap di SD Negeri 021 Sungai Kunjang. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, kuesioner dan observasi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket penilaian kelayakan ahli bahasa, ahli media, ahli materi dan angket respon siswa.
Hasil penelitian ini yaitu: 1) Pengembangan media menggunakan model ADDIE melalui 5 tahap yaitu analysis, design, development, implementation, and evaluation. Proses pengembangan media dilakukan dengan menganalisis kebutuhan dan media, membuat rancangan produk seperti rancangan storyboard dan rancangan materi. Mengembangan media yang sudah dirancang, setelah itu dilakukan uji kelayakan oleh ahli. Tahap akhir dilakukan revisi produk dan uji coba kepada siswa. 2) Media pembelajaran e-book dinyatakan layak oleh ahli media dengan persentase sebesar 94.5%, ahli materi sebesar 96% dan ahli bahasa sebesar 93,3%. 3) Media pembelajaran e-book mendapatkan respon sangat baik dengan persentase sebesar 85,7% dalam uji coba skala kecil dan 86,7% dalam uji coba skala besar. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pengembangan media pembelajaran e-book melalui lima tahap yaitu analysis, design, development, implementation, and evaluation. Media pembelajaran e-book “Layak” digunakan dalam pembelajaran. Respon siswa “Sangat Baik” terhadap e-book sebagai media pembelajaran pada materi teks narasi. Penelitian ini memiliki saran untuk peneliti selanjutnya agar dapat menyajikan lebih banyak gambar dalam media, menguji efektivitas e-book dalam pembelajaran dan mengembangkan e-book dengan materi yang berbeda.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Pengembangan MABATERA (Media Pembelajaran Buku Elektronik Teks Narasi) pada Siswa Kelas III Sekolah Dasar
Pengarang Fitri Nur Aini - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI FIT p 2024
Subyek Media Pembelajaran
Penelitian Pengembangan
Buku Elektronik
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2024
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua