Detail Cantuman Kembali
Anik Cahyanti - Personal Name

STUDI LITERATUR: EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK TINGKAT SEKOLAH MENENGAH

Cahyanti, Anik. 2024. Studi Literatur: Efektivitas Pembelajaran Berdiferensiasi Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Tingkat Sekolah Menengah. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mulawarman. Dosen Pembimbing : Drs. H. Haeruddin, M.Si. Penelitian yang berkaitan dengan penerapan pembelajaran berdiferensiasi untuk meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik cukup banyak dilakukan diberbagai tingkat sekolah. Akan tetapi, masih sedikit penelitian yang mengkaji secara studi literatur terkait efektivitas pembelajaran berdiferensiasi dalam meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik khususnya tingkat sekolah menengah. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas pembelajaran berdiferensiasi terhadap peningkatan hasil belajar matematika peserta didik tingkat sekolah menengah ditinjau dari berbagai aspek (metode penelitian, materi ajar, dan aspek diferensiasi) yang beragam melalui studi literatur. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian “kajian kepustakaan” atau ‘literature study”. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan mengumpulkan data yang sumbernya berasal dari artikel penelitian terkait efektivitas pembelajaran berdiferensiasi terhadap peningkatan hasil belajar matematika peserta didik serta jurnal-jurnal hasil penelitian sebelumnya yang masih terkait dengan topik penelitian. Proses pengumpulan data pada penelitian ini diawali dengan pencarian jurnal ilmiah pada database online melalui google scholar didapatkan 16 jurnal (9 sinta dan 7 non sinta) yang termuat 18 artikel. Kriteria pencarian artikel yang layak dipilih dalam penelitian ini yaitu, 1) meneliti tentang pembelajaran berdiferensiasi terhadap hasil belajar matematika, 2) diterbitkan dari tahun 2020 sampai 2024, 3) subjek penelitian yaitu peserta didik Sekolah Menengah, dan 4) jurnal nasional berakreditasi kemendikbud dan tersedia dalam bentuk full teks. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis isi (content analysis). Hasil penelitian yang diperoleh dari hasil studi literatur menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran berdiferensiasi efektif dalam meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik khususnya pada tingkat sekolah menengah. Hal ini dilihat dari hasil penelitian menunjukkan persentase hasil belajar matematika peserta didik mengalami peningkatan pada saat diterapkan pembelajaran berdiferensiasi. Penerapan pembelajaran berdiferensiasi dapat diterapkan pada berbagai materi matematika, metode penelitian, aspek diferensiasi serta dapat dielaborasikan dengan berbagai macam model pembelajaran. Dari hasil analisis keseluruhan
artikel, metode penelitian yang lebih dominan digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan materi ajar yang lebih dominan digunakan yaitu Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Secara umum aspek diferensiasi yang paling banyak digunakan yaitu aspek diferensiasi proses.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul STUDI LITERATUR: EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK TINGKAT SEKOLAH MENENGAH
Pengarang Anik Cahyanti - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI ANI s 2024
Subyek Hasil Belajar Matematika
Studi Literatur
Pembelajaran Berdiferensiasi
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2024
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jurusan Pendidikan Matematika
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua