Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Materi Kosakata Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Scramble Siswa Kelas I SDN 007 Sungai Pinang Tahun Pembelajaran 2023/2024
Atika Suri. 2024 Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Materi Kosakata Dengan Menggunakan Model Pembalajaran Scramble Siswa Kelas I SDN 007 Sungai Pinang Tahun Pembelajaran 2023/2024. Penelitian ini Dibimbing Oleh Iksam, S.Pd., M.Pd sebagai pembimbing I dan Dr. Muhammad Ramli Buhari, M.Pd sebagai pembimbing II. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar yang diperoleh siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Rumusan masalah dalam penelitian ini“.Bagaimana peningkatan hasil belajar Bahasa Indonesia materi kosakata dengan menggunakan model pembelajaran scramble siswa kelas I SDN 007 Sungai Pinang. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar bahasa indonesia materi kosakata dengan menggunakan model pembelajaran scramble siswa kelas I SDN 007 Sungai Pinang. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang berlangsung dua siklus dan masing – masing siklus terdiri dari tiga pertemuan. Prosedur penelitian terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi. Sumber data penelitian ini adalah siswa kelas I SDN 007 Sungai Pinang tahun pembelajaran 2023/2024. Subjek penelitian berjumlah 31 siswa yang terdiri dari 18 orang laki – laki dan 13 orang perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan studi dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan rata- rata dan persentase .Hasil penelitian menunjukan nilai rata – rata hasil belajar dari data awal sebesar bahwa 60,48 meningkat menjadi 70,53 pada siklus I dengan persentase peningkatan hasil belajar sebesar 16,62% dan persentase siswa yang tuntas sebesar 54,83%. Pada siklus II nilai rata – rata meningkat menjadi 81,90 dengan persentase peningkatan hasil belajar sebesar 35,42% dan persentase peningkatan siswa tuntas sebesar 87,10%. Dari hasil penelitian diatas, dapat disimpulkan bahwa peningkatan itu terjadi karena hasil belajar bahasa indonesia materi kosakata dari siklus I ke siklus II meningkat karena menggunakan model pembelajaran scramble.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Materi Kosakata Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Scramble Siswa Kelas I SDN 007 Sungai Pinang Tahun Pembelajaran 2023/2024 |
---|---|
Pengarang | Atika Suri - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI ATI p 2024 |
Subyek | Kosakata Hasil Belajar Bahasa Indnesia Model Pembelajaran Scramble |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2024 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | Ilmu Pendidikan |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY