Detail Cantuman Kembali
Afita Sa'adah - Personal Name

Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan Menggunakan Media Pembelajaran Baamboozle pada Siswa Kelas IV SD Negeri 016 Samarinda Ulu Tahun Pembelajaran 2023/2024

Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 016 Samarinda Ulu tahun pembelajaran 2023/2024 pada mata pelajaran Matematika. Rumusan masalah dalam penelitian ini Bagaimana peningkatan hasil belajar matematika materi penjumlahan dan pengurangan pecahan dengan menggunakan media pembelajaran Baamboozle pada siswa kelas IV SD Negeri 016 Samarinda Ulu tahun pembelajaran 2023/2024?. Maka tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Matematika materi penjumlahan dan pengurangan pecahan dengan media pembelajaran Baamboozle pada siswa kelas IV SD Negeri 016 Samarinda Ulu tahun pembelajaran 2023/2024. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau Classroom Action Research (CAR) yang dilakukan dengan tiga siklus dan masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Prosedur penelitian terdiri dari empat tahap yaitu, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa-siswi kelas IV A SD Negeri 016 Samarinda Ulu yang berjumlah 22 siswa dan objek penelitian ini adalah hasil belajar Matematika materi penjumlahan dan pengurangan pecahan dan peningkatan setiap siklus menggunakan media pembelajaran Baamboozle. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan tes hasil belajar. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes hasil belajar dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah rata-rata, persentase dan grafik. Hasil penelitian menunjukkan hasil belajar siswa pada pra siklus memperoleh ratarata 57,95 dengan persentase 18,18%. Hasil belajar siswa pada siklus I mengalami peningkatan sebesar 14,51% dari nilai pra siklus, pada pertemuan 1 memperoleh rata-rata 63,95 dengan persentase 36,36% sedangkan pada pertemuan 2 memperoleh rata-rata 68,77 dengan persentase 50%. Hasil belajar siswa pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 8,94% dari nilai siklus I, pada pertemuan 1 memperoleh rata-rata 71,04 dengan persentase 54,54% sedangkan pada pertemuan 2 memperoleh rata-rata 73,55 dengan persentase 68,18%. Hasil belajar siswa pada siklus III mengalami peningkatan sebesar 12,63% dari nilai siklus II, pada pertemuan 1 memperoleh rata-rata 78,68 dengan persentase 77,27% sedangkan pada pertemuan 2 memperoleh rata-rata 84,18 dengan persentase 86,36%. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa hasil belajar Matematika materi penjumlahan dan pengurangan pecahan dengan menggunakan media pembelajaran Baamboozle pada siswa kelas IV SD Negeri 016 Samarinda Ulu Tahun Pembelajaran 2023/2024 mengalami peningkatan.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan Menggunakan Media Pembelajaran Baamboozle pada Siswa Kelas IV SD Negeri 016 Samarinda Ulu Tahun Pembelajaran 2023/2024
Pengarang Afita Sa'adah - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI AFI p 2024
Subyek Hasil Belajar Matematika
penjumlahan dan pengurangan pecahan
media pembelajaran baamboozle
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2024
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jurusan Ilmu Pendidikan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua