PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPAS MATERI KEKAYAAN BUDAYA INDONESIA MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN EDUGAMES BERBASIS TEKNOLOGI QUIZIZZ PADASISWA KELAS IV SD NEGERI 007 SAMARINDA ILIR TAHUN AJARAN 2023/2024
Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 007 Samarinda Ilir tahun ajaran 2023/2024 pada mata pelajaran IPAS. Rumusan dalam penelitian ini bagaimana peningkatan hasil belajar IPAS materi kekayaan budaya Indonesia melalui media pembelajaran edugames berbasis quizizz pada siswa kelas IV di SDN 007 samarinda ilir tahun ajaran 2023/2024?. Maka tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPAS materi kekayaan budaya Indonesia melalui media pembelajaran edugames berbasis quizizz pada siswa kelas IV di SDN 007 samarinda ilir tahun ajaran 2023/2024.
Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dengan tiga siklus dan terdiri dari dua pertemuan. Rancangan penelitian ini terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV C SD Negeri 007 Samarinda Ilir yang berjumlah 32 siswa dan objek penelitian ini adalah hasil belajar IPAS materi kekayaan budaya Indonesia menggunakan media pembelajaran edugames berbasis teknologi quizizz. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan tes hasil belajar. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes hasil belajar dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah rata-rata, persentase dan grafik.
Hasil penelitian menunjukkan hasil belajar siswa pada pra siklus memperoleh rata-rata 59,34 dengan persentase 37,5%. Hasil belajar siswa pada siklus I mengalami peningkatan sebesar 10,16% dari nilai pra siklus, pada pertemuan 1 memperoleh ratarata 64,31 dengan persentase 43,75% sedangkan pada pertemuan 2 memperoleh ratarata 66,44 dengan persentase 50%. Hasil belajar siswa pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 4,66% dari nilai siklus I, pada pertemuan 1 memperoleh rata-rata 67 dengan persentase 53,12% sedangkan pada pertemuan 2 memperoleh rata-rata 69,84 dengan persentase 65,62%. Hasil belajar siswa pada siklus III mengalami peningkatan sebesar 18,43% dari nilai siklus II, pada pertemuan 1 memperoleh rata-rata 78,69 dengan persentase 81,25% sedangkan pada pertemuan 2 memperoleh rata-rata 83,37 dengan persentase 84,37%. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar IPAS materi kekayaan budaya Indonesia melalui media pembelajaran edugames berbasis quizizz pada siswa kelas IV di SD Negeri 007 Samarinda Ilir tahun ajaran 2023/2024.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPAS MATERI KEKAYAAN BUDAYA INDONESIA MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN EDUGAMES BERBASIS TEKNOLOGI QUIZIZZ PADASISWA KELAS IV SD NEGERI 007 SAMARINDA ILIR TAHUN AJARAN 2023/2024 |
---|---|
Pengarang | Rizki Dinar Noorhayati - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI RIZ p 2024 |
Subyek | hasil belajar IPAS Kekayaan Budaya Indonesia Media Pembelajaran Edugames Berbasis Teknologi Qui |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2024 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | Ilmu Pendidikan |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY