Detail Cantuman Kembali
Gita Cahyani - Personal Name

Partisipasi Masyarakat Dalam Pengembangan Desa Wista Di Kelurahan Teritip Kota Balikpapan (Studi Kasus : Pantai Tanjung Bayur)

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan bentuk partisipasi masyarakat dalam pengembangan Desa Wisata, mendeskripsikan dampak partisipasi masyarakat terhadap peningkatan ekonomi dalam pengembangan Desa Wisata dan mengidentifikasi faktor penghambat partisipasi masyarakat dalam pengembangan Desa Wisata. Pada penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Dengan fokus penelitian berupa bentuk partisipasi masyarakat, dampak partisipasi masyarakat terhadap peningkatan ekonomi, serta faktor penghambat partisipasi masyarakat dengan sumber data primer yang diperoleh melalui pihak Kelurahan Teritip, Desa Wisata, pemilik Villa (swasta) dan masyarakat. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun Teknik analis data berupa pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa partisipasi masyarakat dalam pengembangan Desa Wisata di Pantai Tanjung Bayur dinilai cukup berperan aktif. Masyarakat ikut berpartisipasi dalam menyampaikan ide dan gagasannya, melakukan gotong royong, membuat kerajinan serta meminjamkan alat perkakasnya. Dampak ekonomi yang dirasakan masyarakat Tanjung Bayur yaitu dapat membuka peluang usaha, kontribusi terhadap PAD Kota Balikpapan, perkembangan ekonomi penduduk sekitar, dan perkembangan infrastruktur di sekitar Pantai Tanjung Bayur. Namun masih terdapat kendala didalamnya seperti akses jalan yang masih belum baik, masyarakat mempunyai kepentingan lain, kurangnya komunikasi dengan masyarakat sekitar dan masyarakat di sekitar Tanjung Bayur masih kurang dalam mengembangan pariwisata.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Partisipasi Masyarakat Dalam Pengembangan Desa Wista Di Kelurahan Teritip Kota Balikpapan (Studi Kasus : Pantai Tanjung Bayur)
Pengarang Gita Cahyani - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI GIT p 2024
Subyek Partisipasi Masyarakat
Desa Wisata
Pengembangan Desa Wisata
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2024
Penerbit Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Jurusan Administrasi Publik
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua