Detail Cantuman Kembali
ROIZE ADAM - Personal Name

PERHITUNGAN VOLUME GALIAN DAN TIMBUNAN BERDASARKAN METODE CROSS SECTION ( STUDI KASUS: BANDAR UDARA INTERNASIONAL AJI PANGERAN TUMENGGUNG PRANOTO)

Galian dan timbunan merupakan salah satu bagian terpenting dalam berbagai jenis proyek sipil dan pengukuran. Banyak proyek pengukuran yang pekerjaan intinya adalah perhitungan dan pembuatan galian dan timbunan di lapangan dan dilakukan dalam skala besar. Perhitungan galian dan timbunan terdapat pada suatu proyek sipil yang bergerak di bidang pemerintahan khususnya pada proyek Pembangunan Bandar Udara Internasional Aji Pangeran Tumenggung Pranoto.
Perhitungan galian dan timbunan menggunakan metode cross section dengan perhitungan luas penampang menggunakan metode koordinat dan perhitungan volume menggunakan metode dua tampang. Hasil perhitungan volume galian dan timbunan dengan interval jarak 25 meter menggunakan metode dua tampang diperoleh volume galian sebesar 810,115 m3 dan volume timbunan sebesar 3438,63 m3. Selanjutnya dilakukan perhitungan volume galian dan timbunan dengan interval jarak 10 meter menggunakan metode dua tampang diperoleh volume galian sebesar 683,56 m3 dan volume timbunan sebesar 3905,55 m3.
Berdasarkan perhitungan tersebut, dari interval jarak 25 meter dan interval jarak 10 meter dapat diketahui terdapat perbedaan volume galian tanah sebesar 126,555 m3 dan volume timbunan sebesar 466,92 m3, hal ini dikarenakan semakin rapat jarak antara section maka semakin menggambarkan keadaan permukaan topografi di lapangan sehingga bila dihitung luasan penampang dengan memperkecil atau memperbesar interval jarak maka terdapat perbedaan luas penampang dan volume galian dan timbunan.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PERHITUNGAN VOLUME GALIAN DAN TIMBUNAN BERDASARKAN METODE CROSS SECTION ( STUDI KASUS: BANDAR UDARA INTERNASIONAL AJI PANGERAN TUMENGGUNG PRANOTO)
Pengarang ROIZE ADAM - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI ROZ p 2024
Subyek Cross Section
Galian dan Timbunan
Koordinat
Dua Tampang
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2024
Penerbit Fakultas Teknik
Jurusan Teknik Sipil
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua