MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN BERBASIS PEMBERITAAN TERAKTUAL PADA MEDIA MASSA UNTUK MENINGKATKAN SIKAP DEMOKRASI SISWA SMA NEGERI 8 SAMARINDA
Charles Gunawan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mulawarman. Model Pembelajaran Problem Based Learning Pendidikan Kewarganegaraan Berbasis Pemberitaan Teraktual Pada Media Massa Di Media Massa Untuk Meningkatkan Sikap Demokrasi Siswa SMA Negeri 8 Samarinda. Dibawah Bimbingan Dr. Jamil, S.Pd.,M.Ap selaku pembimbing I dan Dra. Hj. Marwiah , M.Pd selaku pembimbing II. Tujuan Penelitan ini adalah untuk mengetahui bagai mana peran Model Pembelajaran Problem Based Learning Pendidikan Kewarganegaraan Berbasis Pemberitaan Teraktual Pada Media Massa Untuk Meningkatkan Sikap Demokrasi Siswa SMA Negeri 8 Samarinda. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitan adalah Kepala Sekolah, Guru PPKn, dan Peserta didik SMA Negeri 8 Samrinda. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman. Keabsahan data menggunakan Triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan Model pembelajaran problem based learning merupakan suatu prosedur dalam mengorganisasikan pengalaman belajar untuk mencapai tujuan pembelajaran tertentu. Berfungsi sebagi pedoman bagi perancang pembelajaran dan para guru dalam merancang dan melaksanakan proses belajar mengajar. Maka perlu penyesuaian agar model pembelajaran problem based learning berbasis pemberitaan teraktual pada media massa dapat sesuai dengan materi pembelajaran. Dalam melaksanakan model pembelajaran problem based learning berbasis pemberitaan teraktual pada media massa, terdapat hambatan dalam hal ketersediaan sarana seperti LCD yang belum tersedia didalam kelas sehingga membutuhkan waktu untuk mempersiapkan pembelajaran. Hal ini dapat membuat jam pembelajaran terbuang sia-sia. Selain itu dalam menerapkan model pembelajaran problem based learning berbasis pemberitaan teraktual pada media massa peserta didik dapat lebih memahami materi pembelajaran selain itu guru juga dituntut untuk lebih paham dan dapat mengembangkan model pembelajaran problem based learning sehingga tetap sesuai dengan tujuan pembelajaran. Dalam proses pembelajaran sering kali siswa di tuntut untuk mampu berpikir kritis, akan tetapi banyak faktor yang menjadi penghambat seperti pembelajaran yang membosankan, kurang menariknya media pembelajaran, dan guru kurang menguasai materi untuk itu di harapkan dengan menggunakan Model problem based learning mampu menutupi kekurangan tersebut. Kata Kunci: model pembelajaran problem based learning, berbasis pemberitaan teraktual pada media massa, demokrasi.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN BERBASIS PEMBERITAAN TERAKTUAL PADA MEDIA MASSA UNTUK MENINGKATKAN SIKAP DEMOKRASI SISWA SMA NEGERI 8 SAMARINDA |
---|---|
Pengarang | CHARLES GUNAWAN - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI CHA m 2024 |
Subyek | Model Pembelajaran Problem Based Learning Demokrasi berbasis pemberitaan teraktual pada media massa |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2024 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | Ilmu Pengetahuan Sosial |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY