Detail Cantuman Kembali
Subeidi - Personal Name

Pemanfaatan Palm Oil Fuel Ash Boiler Pabrik Kelapa Sawit PT Bima Palma Nugraha Sebagai Bahan Campuran Bata Ringan

PT Bima Palma Nugraha merupakan perusahaan industri pabrik kelapa sawit yang terletak di Tepian Langsat, Kecamatan Bengalon, Kabupaten Kutai Timur, Provinsi Kalimantan Timur. PT Bima Palma Nugraha menghasilkan palm oil fuel ash (POFA) dari hasil pembakaran boiler kelapa sawit dengan bahan fiber dan cangkang kelapa sawit. POFA kelapa sawit dihasilkan oleh pembakaran dari boiler yang merupakan bahan padat yang tidak mudah menguap sehingga merepotkan dalam penanganannya. POFA memenuhi kriteria yang diperlukan untuk digunakan sebagai pengganti pasir untuk bahan campuran pembuatan bata ringan CLC (Celluler Leigweight Concrete).
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh tambahan palm oil fuel ash (POFA) dari boiler pabrik kelapa sawit sebagai penggani pasir pada pembuatan bata ringan dengan beberapa komposisi, (2) pengujian parameter fisik kuat tekan, berat jenis, dan daya serap untuk mengetahui kualitas produk bata ringan sesuai dengan Standar Nasional Indonesia, (3) karakteristik toksisitas pada bata ringan yang dihasilkan dari campuran palm oil fuel ash (POFA) boiler kelapa sawit melalui uji Toxicity Characteristic Leaching Procedure (TCLP). Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan desain penelitian eksperimental yang dilakukan dilaboratorium. Sampel yang digunakan berupa bata ringan berbentuk balok sebanyak 15 buah deengan panjang 60 cm x lebar 20 cm x tinggi 7,5 cm. Variasi penambahan POFA berbeda setiap variabel yaitu variabel 0%, variabel 10%, variabel 20%, variabel 30%, dan variabel 40%. Pengujian kuta tekan, berat jenis, dan daya serap dilakukan dengan variabel hari yaitu 7 hari, 14 hari, dan 28 hari, serta pengujian TCLP dilakukan dengan variabel yang lolos uji fisik.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan POFA dan foam berpengaruh sangat kuat terhadap kuat tekan, berat jenis dan daya serap yang dihasilkan. Variabel terbaik yaitu 40% dimana pada uji fisik kuat tekan memiliki nilai tertinggi yaitu 32,29 memenuhi SNI 03-0349-1989 mutu III, uji fisik berat jenis memiliki nilai 1090,00 untuk peruntukan struktural ringan sesuai dengan SNI 03-0349-1989, dan uji fisik daya serap air 18,5 memenuhi baku mutu SNI 03-0349-1989 mutu I.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Pemanfaatan Palm Oil Fuel Ash Boiler Pabrik Kelapa Sawit PT Bima Palma Nugraha Sebagai Bahan Campuran Bata Ringan
Pengarang Subeidi - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI SUB p 2024
Subyek daya serap
KUAT TEKAN
TCLP
Bata Ringan
POFA
Berat Jenis
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2024
Penerbit Fakultas Teknik
Jurusan Teknik Lingkungan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua