PENGARUH PROMOSI HARGA DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN MELALUI KEPUASAN PELANGGAN PADA PENGGUNA NETFLIX KOTA SAMARINDA
Zaman teknologi digital Industri 4.0, terjadi kemajuan yang signifikan di berbagai aspek kehidupan, termasuk industri hiburan. Salah satu perkembangan yang terjadi adalah pada film, yang juga memanfaatkan kemajuan teknologi. Dalam era digital ini, kemudahan akses menjadi salah satu penyebab utama semakin banyaknya pengguna layanan streaming film. Netflix menjadi salah satu opsi
utama dalam aplikasi layanan video streaming berbayar. Netflix merupakan aplikasi Video on Demand (VOD) yang paling banyak digunakan masyarakat di Indonesia hingga presentasenya mencapai 69%. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh promosi, harga dan kualitas layanan terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelangan pada pengguna Netflix Kota Samarinda. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif yang bersifat asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah pengguna Netflix atau yang tertarik menggunakan Netflix di Kota Samarinda, dengan sampel sebanyak 120 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik non probability sampling dengan metode purposive sampling. Pengumpulan data penelitian menggunakan kuesioner yang dibuat melalui Google form. Data diolah menggunakan software SmartPLS 3.2.8 dengan metode uji model pengukuran (outer model), uji model structural (inner model), dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) promosi yang dilakukan oleh Netflix berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan; (2) harga yang diterapkan oleh Netflix berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan; (3) kualitas layanan yang diberikan oleh Netflix berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan; (4) promosi yang dilakukan oleh Netflix tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan; (5) harga yang diterapkan oleh Netflix berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan; (6) kualitas layanan yang diberikan oleh Netflix berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan; (7) kepuasan pelanggan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelangganpada Netflix.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PENGARUH PROMOSI HARGA DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN MELALUI KEPUASAN PELANGGAN PADA PENGGUNA NETFLIX KOTA SAMARINDA |
---|---|
Pengarang | FIRA AMANDA - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI FIR P 2024 |
Subyek | Promosi Kepuasan Pelanggan Loyalitas Pelanggan harga kualitas layanan |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2024 |
Penerbit | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik |
Jurusan | ADMINISTRASI BISNIS |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY