Detail Cantuman Kembali
Ahmad Nasri - Personal Name

IMPLEMENTASI METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS DAN SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING UNTUK SISTEM PENUNJANG KEPUTUSAN PEMILIHAN SQUAD E-SPORT PUBGM

E–Sport merupakan cabang olahraga berbasis elektronik yang dihubungkan dengan jaringan internet atau online, biasanya dimainkan lebih dari satu orang. Permainan yang banyak diminati oleh kalangan remaja saat ini adalah Playerunknown’s Battleground Mobile (PUBGM). PUBGM adalah sebuah permainan multiplayer kompetitif yang menjadikan “Battle-Royale” sebagai genre utama. Dalam mengikuti kompetisi, tim evos membutuhkan anggota kelompok yang kompeten, namun sering sekali tim Evos mendapati pemain yang belum lolos trial. Alasan utama adalah kesalahan rekrutmen / penerimaan pemain baru. Karena pemilihan tim evos masih dilakukan secara manual dan hasil pemilihan sering terdapat yang tidak kompeten maka penulis memanfaatkan suatu teknologi komputer seperti Sistem Pendukung Keputusan (SPK). Sistem Pendukung Keputusan biasanya dibangun untuk mendukung solusi atas suatu masalah atau untuk suatu peluang, sehingga SPK dipilih sebagai solusi untuk mengatasi pemilihan pemain untuk tim Evos. Proses pemilihan pemain yang akan bergabung di Evos memiliki kriteria-kriteria seperti kriteria Komunikasi, Skill, Winrate, Statistik, Rank, dan Lama Bermain. Penelitian ini diusulkan sistem pemilihan pemain PUBGM menggunakan metode AHP dan SAW. Metode AHP digunakan untuk mencari bobot variabel kriteria, sedangkan metode SAW digunakan untuk menentukan nilai akhir atau perangkingan. Pembobotan pada multikriteria menggunakan AHP sangat efektif sehingga menghasilkan bobot antara lain: komunikasi bobot 0,498, skill bobot 0,244, winrate bobot 0,058, statistik bobot 0,058, rank bobot 0,092 dan lama bermain bobot 0,050. Berdasarkan hasil pembobotan kriteria maka yang merupakan prioritas dalam memilih tim PUBGM pada tim Evos Esport adalah komunikasi, lalu dilanjutkan dengan skill, rank, winrate dan statistik dengan nilai yang sama dan terakhir lama bermain. Dari perhitungan implementasi metode menggunakan AHP dan SAW, dapat disimpulkan bahwa alternatif yang terpilih sebagai calon terbaik adalah Latief dengan perolehan nilai akhir 0,970 dilanjutkan dengan Fadilah dengan nilai 0,947, Aulia dengan nilai 0,937, Bena dengan nilai 0,903 dan Dimas dengan nilai 0,800 untuk peringkat 5 teratas.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul IMPLEMENTASI METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS DAN SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING UNTUK SISTEM PENUNJANG KEPUTUSAN PEMILIHAN SQUAD E-SPORT PUBGM
Pengarang Ahmad Nasri - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI AHM p 2024
Subyek Simple Additive Weighting (SAW)
Analytical Hierarchy Process (AHP)
Sistem Penunjang Keputusan
Evos
E-Sport
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2024
Penerbit Fakultas Teknik
Jurusan Informatika
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua