Detail Cantuman Kembali
ANNISA INAYATI - Personal Name

PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-TALK-WRITE (TTW) PADA MATERI POKOK BANGUN RUANG KUBUS, BALOK, PRISMA DAN LIMAS DI KELAS VIII SMP NEGERI 27 SAMARINDA TAHUN AJARAN 2012/2013

ABSTRAK

Annisa Inayati: Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Talk-Write (TTW)pada materi Pokok Bangun Ruang Kubus, Balok, Prisma dan Limas di Kelas VIII SMP Negeri 27 Samarinda Tahun Ajaran 2012/2013. Dibimbing oleh Bapak Drs. Muh. Ugiarto, M.Si dan Ibu Dra. Suriaty, M.Pd.
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan tujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 27 Samarinda melalui pembelajaran kooperatif tipe Think-Talk-Write pada materi pokok Bangun Ruang Kubus, Balok, Prisma dan Limas.
Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 27 Samarinda tahun ajaran 2012/2013 dengan subjek penelitian yaitu siswa kelas VIII berjumlah 31 siswa dan objek penelitian adalah pembelajaran kooperatif tipe Think-Talk-Write.
Instrument yang digunakan adalah observasi, tugas, tes dan dokumentasi. Tugas berupa tugas kelompok dan tugas individu. Tugas kelompok berupa pengerjaan Lembar Kerja Siswa dan tugas langsung yang dikerjakan secara berkelompok di sekolah dan tugas individu adalah tugas yang dikerjakan di rumah (PR). Tes dilaksanakan setiap akhir siklus untuk mengetahui peningkatan hasil belajar pada setiap siklus. Observasi dilaksanakan pada pertemuan ke 1 dan ke 2 selama pembelajaran berlangsung. Siklus 1, 2 dan 3 masing masing dilaksanakan sebanyak 2 kali pertemuan dengan pembelajaran kooperatif dan satu kali tes hasil belajar. Soal tes hasil belajar pada setiap akhir siklus berbentuk uraian.
Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif berupa rata-rata, persentase dan grafik. Yang bertindak sebagai pelaksana pembelajaran adalah peneliti, sedangkan sebagai observator adalah 2 orang mahasiswi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mulawarman Samarinda angkatan 2008.
Hasil analisis data menunjukkan terjadi peningkatan nilai rata-rata hasil belajar siswa pada setiap siklus. Nilai hasil belajar diperoleh dengan menganalisis data berupa nilai tugas kelompok, nilai tugas individu dan nilai tes hasil belajar tiap siklus. Pada siklus 1 terjadi peningkatan dari nilai dasar 59.39 meningkat menjadi 61.70 dengan persentase peningkatan sebesar 3.89% dan persentase ketuntasan sebesar 9.68% serta rata-rata poin peningkatan 17.74 dengan kriteria cukup. Pada siklus 2 terjadi peningkatan nilai rata-rata hasil belajar matematika siswa dari siklus 1 sebesar 61.70 menjadi 67.19 pada siklus 2, dengan persentase peningkatan sebesar 8.90% dan persentase ketuntasan sebesar 51.61 serta rata-rata poin peningkatan 20.32 dengan kriteria Baik, dan pada siklus 3 juga terjadi peningkatan nilai rata-rata hasil belajar matematika siswa dari siklus 2 sebesar 67.19 meningkat menjadi 77.40 pada siklus 3 dengan persentase peningkatan sebesar 15.20 dan persentase ketuntasan sebesar 87.10 serta rata-rata poin peningkatan 26.45 dengan kriteria Sangat Baik. Aktivitas guru pada siklus 1 dikategorikan cukup, siklus 2 dan siklus 3 dikategorikan baik. Aktivitas siswa pada siklus 1 dan siklus 2 dikategorikan cukup dan siklus 3 dikategorikan baik.
Berdasarkan dari penelitian ini adalah melalui model pembelajaran kooperatif tipe Think-Talk-Write terjadi peningkatan hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 27 Samarinda tahun Ajaran 2012/2013.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-TALK-WRITE (TTW) PADA MATERI POKOK BANGUN RUANG KUBUS, BALOK, PRISMA DAN LIMAS DI KELAS VIII SMP NEGERI 27 SAMARINDA TAHUN AJARAN 2012/2013
Pengarang ANNISA INAYATI - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2014
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua