Analisis Pemasaran Pada UMKM Amplang Guntur Pratama Di Kota Samarinda
Penelitian dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui saluran pemasaran dan margin serta farmer’s share pada UMKM Amplang Guntur Pratama. Penelitian dilaksanakan selama 5 bulan dari bulan Februari 2024 sampai dengan Juni 2024 di Kota Samarinda. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah metode snowball sampling dengan jumlah responden 3 orang. Metode analisis
menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Saluran pemasaran pada UMKM Amplang Guntur Pratama original mempunyai 3 tingkatan yaitu saluran tingkat 0, 1 dan 2, sedangkan amplang kuku macan mempunyai saluran tingkat 0 dan 1. Sedangkan lembaga pemasaran yang terlibat adalah produsen, pedagang pengecer, pedagang besar dan konsumen. Margin di UMKM Amplang Guntur Pratama amplang original pada tingkat 0 sebesar Rp0,-, margin tingkat 1 sebesar Rp2.000 sampai Rp5.000,- dan Rp2.000 sampai Rp8.500,- sedangkan tingkat dua memiliki margin sebesar Rp3.000 sampai Rp5.500-. Pada tingkat 0 amplang kuku macan memiliki margin sebesar Rp0,- dan di tingkat satu memiliki margin sebesar Rp2.000 sampai Rp8.500,-. Biaya Pemasaran yang dikeluarkan adalah sebesar Rp1.250,- dan Rp3.750,-. Farmer’s share yang paling tinggi sebesar 100% dan paling terendah sebesar 53,3%.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | Analisis Pemasaran Pada UMKM Amplang Guntur Pratama Di Kota Samarinda |
---|---|
Pengarang | Cahya Auliadini Prasetyo - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI Cah a 2024 |
Subyek | Margin Pemasaran, Saluran Pemasaran Biaya Pemasaran Farmer’s Share |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2024 |
Penerbit | Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan |
Jurusan | Sosial Ekonomi Perikanan |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY