MANAJEMEN KURIKULUM MERDEKA UNTUK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DI SDN 005 SAMBUTAN
Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan manajemen Kurikulum Merdeka dengan fokus pada Profil Pelajar Pancasila di SDN 005 Sambutan. Kurikulum Merdeka memberikan kebebasan kepada sekolah untuk merancang pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan lokal dan potensi siswa, sementara penguataan profil pelajar Pancasila menegaskan pentingnya pembentukan karakter siswa berdasarkan nilai-nilai Pancasila. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan wawancara mendalam dan observasi sebagai metode pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen Kurikulum Merdeka di SDN 005 menunjukkan bahwa:
1). Perencanaan awal melakukan rapat dan modul pembelajaran untuk program tahunan. 2). Pengorganisasian dilakukan dengan menunjuk koordinator dan panitia kerja kegiatan program yang sudah direncanakan. 3). Pelaksanaan melakukan dan meningkatkan kedisiplinan kegiatan pelatihan dan BIMTEK untuk seluruh guru dan staff administrasi sekolah. 4). Evaluasi dan pemantauan dilakukan secara berkala untuk memastikan tujuan pembelajaran dan penguataan profil pelajar Pancasila tercapai. Kolaborasi dengan stakeholder, termasuk orang tua dan komunitas setempat, juga menjadi faktor penting dalam suksesnya Kurikulum Merdeka. Dengan demikian, penelitian ini memberikan kontribusi pada pemahaman tentang Manajemen Kurikulum Merdeka untuk penguataan profil pelajar Pancasila di SDN 005 Sambutan Samarinda.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | MANAJEMEN KURIKULUM MERDEKA UNTUK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DI SDN 005 SAMBUTAN |
---|---|
Pengarang | WIWIK TRI WULAN - Personal Name |
No. Panggil | TESIS WIW m 2024 |
Subyek | Manajemen Kurikulum Merdeka Profil Pelajar Pancasila |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2024 |
Penerbit | MAGISTER MANAJEMEN PENDIDIKAN |
Jurusan | Ilmu Pendidikan |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY