Pengaruh Model Pembelajaran Case Based Learning berbantuan Media Augmented Reality terhadap Hasil Belajar dan Keterampilan Berpikir Kritis pada Materi Perubahan dan Pelestarian Lingkungan Hidup Siswa Kelas X SMAN 14 Samarinda Tahun Pembelajaran 2023/2024
Pengaruh Model Pembelajaran Case Based Learning Berbantuan Media Augmented Reality Terhadap Hasil Belajar dan Keterampilan Berpikir Kritis pada Materi Perubahan dan Pelestarian Lingkungan Hidup Siswa Kelas X SMAN 14 Samarinda Tahun Pembelajaran 2023/2024, Skripsi Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mulawarman. Penelitian ini dibimbing oleh Dr. Hj. Herliani, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Case-Based Learning berbantuan media Augmented Reality terhadap hasil belajar dan keterampilan berpikir kritis pada materi perubahan dan pelestarian lingkungan hidup siswa kelas X SMAN 14 Samarinda tahun pembelajaran 2023/2024. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen design (eksperimen semu) dengan bentuk nonequivalent control group. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik teknik purposive sampling dengan jumlah 54 peserta didik dari 2 kelas berbeda. Teknik analisis data menggunakan uji N-Gain dan uji independent sample t-test. Hasil analisis data menunjukkan bahwa pada hasil belajar dengan uji N-Gain kelas kontrol memiliki rata-rata 0,45 dengan kategori sedang dan kelas eksperimen dengan rata-rata 0,61 dengan kategori sedang. Pada keterampilan berpikir kritis kelas kontrol memiliki persentase 70,6% dengan kategori baik dan kelas eksperimen memiliki persentase 79,6% dengan kategori baik. Hasil uji independent sample t-test menunjukkan nilai sig. (2-tailed) senilai 0,002 bagi hasil belajar dan 0,001 bagi keterampilan berpikir kritis, nilai tersebut lebih kecil dari 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh dari model pembelajaran Case-Based Learning berbantuan media Augmented Reality terhadap hasil belajar dan keterampilan berpikir kritis pada materi perubahan dan pelestarian lingkungan hidup siswa kelas X SMAN 14 Samarinda tahun pembelajaran 2023/2024.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | Pengaruh Model Pembelajaran Case Based Learning berbantuan Media Augmented Reality terhadap Hasil Belajar dan Keterampilan Berpikir Kritis pada Materi Perubahan dan Pelestarian Lingkungan Hidup Siswa Kelas X SMAN 14 Samarinda Tahun Pembelajaran 2023/2024 |
---|---|
Pengarang | Raysa Zamima - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI RAY p 2024 |
Subyek | Augmented Reality Hasil Belajar Keterampilan Berpikir Kritis Case-Based Learning |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2024 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY