Detail Cantuman Kembali
Raysa Zamima - Personal Name

Pengaruh Model Pembelajaran Case Based Learning berbantuan Media Augmented Reality terhadap Hasil Belajar dan Keterampilan Berpikir Kritis pada Materi Perubahan dan Pelestarian Lingkungan Hidup Siswa Kelas X SMAN 14 Samarinda Tahun Pembelajaran 2023/2024

Pengaruh Model Pembelajaran Case Based Learning Berbantuan Media Augmented Reality Terhadap Hasil Belajar dan Keterampilan Berpikir Kritis pada Materi Perubahan dan Pelestarian Lingkungan Hidup Siswa Kelas X SMAN 14 Samarinda Tahun Pembelajaran 2023/2024, Skripsi Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mulawarman. Penelitian ini dibimbing oleh Dr. Hj. Herliani, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Case-Based Learning berbantuan media Augmented Reality terhadap hasil belajar dan keterampilan berpikir kritis pada materi perubahan dan pelestarian lingkungan hidup siswa kelas X SMAN 14 Samarinda tahun pembelajaran 2023/2024. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen design (eksperimen semu) dengan bentuk nonequivalent control group. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik teknik purposive sampling dengan jumlah 54 peserta didik dari 2 kelas berbeda. Teknik analisis data menggunakan uji N-Gain dan uji independent sample t-test. Hasil analisis data menunjukkan bahwa pada hasil belajar dengan uji N-Gain kelas kontrol memiliki rata-rata 0,45 dengan kategori sedang dan kelas eksperimen dengan rata-rata 0,61 dengan kategori sedang. Pada keterampilan berpikir kritis kelas kontrol memiliki persentase 70,6% dengan kategori baik dan kelas eksperimen memiliki persentase 79,6% dengan kategori baik. Hasil uji independent sample t-test menunjukkan nilai sig. (2-tailed) senilai 0,002 bagi hasil belajar dan 0,001 bagi keterampilan berpikir kritis, nilai tersebut lebih kecil dari 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh dari model pembelajaran Case-Based Learning berbantuan media Augmented Reality terhadap hasil belajar dan keterampilan berpikir kritis pada materi perubahan dan pelestarian lingkungan hidup siswa kelas X SMAN 14 Samarinda tahun pembelajaran 2023/2024.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Pengaruh Model Pembelajaran Case Based Learning berbantuan Media Augmented Reality terhadap Hasil Belajar dan Keterampilan Berpikir Kritis pada Materi Perubahan dan Pelestarian Lingkungan Hidup Siswa Kelas X SMAN 14 Samarinda Tahun Pembelajaran 2023/2024
Pengarang Raysa Zamima - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI RAY p 2024
Subyek Augmented Reality
Hasil Belajar
Keterampilan Berpikir Kritis
Case-Based Learning
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2024
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jurusan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua