Detail Cantuman Kembali
Gavrila Meil Sombolinggi - Personal Name

ANALISIS TREN JUMLAH PASIEN RSUD LAKIPADADA (PERBANDINGAN MODEL FORECASTING SINGLE, DOUBLE DAN TRIPLE EXPONENTIAL SMOOTHING)

Peramalan jumlah pasien di rumah sakit merupakan aspek krusial dalam perencanaan layanan kesehatan yang efektif. Hal ini penting untuk memastikan ketersediaan sumber daya medis yang memadai serta layanan yang optimal bagi pasien. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan tiga metode exponential smoothing, yaitu single, double, dan triple exponential smoothing dalam meramalkan jumlah pasien. Metode yang digunakan adalah non reactive research dengan menggunakan data jumlah pasien dari tahun 2020 hingga 2023, untuk memprediksi jumlah pasien lima tahun ke depan (2024 – 2028). Hasil analisis menunjukkan bahwa metode triple exponential smoothing memiliki performa terbaik dengan nilai Mean Absolute Percentage Error (MAPE) terkecil, yaitu 17%. Sedangkan, nilai MAPE metode single exponential smoothing sebesar 19% dan nilai MAPE double exponential smoothing sebesar 20%. Diprediksi terjadi peningkatan jumlah pasien untuk tahun 2024 hingga 2028 dengan kenaikan tahunan antara 10% - 20%, dengan total kenaikan dari tahun 2023 ke 2028 sekitar 90.8% .Akurasi yang tinggi dari metode triple exponential smoothing memungkinkan prediksi yang lebih andal dalam menghadapi fluktuasi musiman dan tren jumlah pasien yang dinamis. Implementasi metode triple exponential smoothing dapat memberikan berbagai manfaat bagi operasional rumah sakit. Dengan prediksi yang lebih akurat, rumah sakit dapat meningkatkan efisiensi dalam pengelolaan sumber daya, pengorganisasian pegawai, dan perencanaan anggaran. Peramalan jumlah pasien dapat mendukung perencanaan yang lebih baik. Sehingga meningkatkan kualitas layanan kesehatan dan kepuasan pasien.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul ANALISIS TREN JUMLAH PASIEN RSUD LAKIPADADA (PERBANDINGAN MODEL FORECASTING SINGLE, DOUBLE DAN TRIPLE EXPONENTIAL SMOOTHING)
Pengarang Gavrila Meil Sombolinggi - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI GAV a 2024
Subyek MAPE
Triple Exponential Smoothing
Jumlah pasien
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2024
Penerbit Fakultas Kesehatan Masyarakat
Jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua