Detail Cantuman Kembali
NI LUH DIAN PUJI LESTARI - Personal Name

STRATEGI PENGEMBANGAN PRODUK AGROINDUSTRI GULA MERAH KELAPA (Studi Kasus: Pengrajin Tunas Baru di Kecamatan Waru Kabupaten Penajam Paser Utara)

NI LUH DIAN PUJI LESTARI. Strategi Pengembangan Produk Agroindustri Gula Merah Kelapa (Studi Kasus: Pengrajin Tunas Baru di Kecamatan Waru Kabupaten Penajam Paser Utara). Fakultas Pertanian Universitas Mulawarman, 2024. (dibawah bimbingan Nike Widuri dan Midiansyah Effendi). Salah satu hasil pertanian yang dapat dimanfaatkan dalam industri pengolahan adalah dari tanaman kelapa. Nira yang diperoleh dari tanaman kelapa tersebut dapat diolah menjadi gula merah. Gula merah sendiri banyak digemari masyarakat karena dapat diolah menjadi bahan pemanis makanan dan minuman. Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasikan faktor internal dan faktor eksternal dalam pengembangan usaha gula merah di Kecamatan Waru Kabupaten Kabupaten Penajam Paser Utara. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juli hingga Agustus 2023. Pengambilan sampel dengan menggunakan metode purposive sampling dengan jumlah responden sebanyak 5 orang. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Metode pengembilan data dilakukan dengan cara observasi dan wawancara langsung terhadap responden. Data dianalisis menggunakan analisis SWOT. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa analisis pengembangan produk agroindustri gula merah kelapa di Kecamatan Waru terdapat pada kuadran I dengan nilai untuk Matriks IFAS (Internal Factor Analysis Summary) sebesar 0,79, sedangkan matriks EFAS (External Factor Analysis Summary) sebesar 0,08. Artinya, mendukung pertumbuhan yang agresif, yang menunjukkan SO lebih besar dibandingkan dengan kelemahan dan ancaman yang ada. Untuk strategi yang tepat yaitu mempertahankan kualitas produksi untuk mampu bersaing dengan pengrajin gula merah lainnya, memperluas area pemasaran, memanfaatkan teknologi yang ada dengan mempromosikan produk melalui media sosial untuk meningkatkan produksi dan peminat gula merah kelapa, berkerjasama dengan produsen makanan yang menggunakan bahan dasar gula merah, dan menjalin kerjasama dengan lembaga keuangan.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul STRATEGI PENGEMBANGAN PRODUK AGROINDUSTRI GULA MERAH KELAPA (Studi Kasus: Pengrajin Tunas Baru di Kecamatan Waru Kabupaten Penajam Paser Utara)
Pengarang NI LUH DIAN PUJI LESTARI - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI NIL s 2024
Subyek Strategi Pengembangan
Agroindustri Gula Merah kelapa
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2024
Penerbit Fakultas Pertanian
Jurusan Agribisnis
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua