PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE ROPES (Review, Overview, Presentation, Exercise, Summary) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA SUB POKOK BAHASAN LARUTAN ELEKTROLIT DAN NONELEKTROLIT DI KELAS X SMA NEGERI 1 KRAYAN TAHUN AJARAN 2013/ 2014
ABSTRAK
Guru dituntut agar dapat melakukan perbaikan dalam proses pembelajaran sehingga siswa lebih tertarik dalam mengikuti kegiatan belajar. Salah satu cara sebagai langkah strategis yang perlu diambil guru untuk melakukan perbaikan dalam proses pembelajaran adalah dengan menerapkan model pembelajaran yang tepat. Model pembelajaran ROPES (Review, Overview, Presentation, Exercise, Summary) merupakan rangkaian aktivitas pembelajaran yang menampilkan peranan sains dan teknologi yang dekat dengan kehidupan sehari-hari siswa di masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran ROPES (Review, Overview, Presentation, Exercise, Summary)terhadap hasil belajar Siswa pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit kelas X SMA Negeri 1 Krayan.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X dan sampelnya adalah kelas X-A dan kelas X-B dengan masing-masing kelas berjumlah 35 orang. Kelas XA merupakan kelas eksperimen dengan menerapkan model pembelajaran ROPES (Review, Overview, Presentation, Exercise, Summary)sedangkan kelas X-B merupakan kelas kontrol dengan menerapkan pembelajaran langsung dengan metode ceramah.
Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata siswa kelas X-A adalah 85,1 dan kelas X-B adalah 81,9 dianalisis dengan menggunakan uji t, dimana diperoleh - t < - t , yaitu -1,980 < -1,671 pada taraf signifikansi 5% yang berarti Ho ditolak dan Hα diterima, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran ROPES (Review, Overview, Presentation, Exercise, Summary)terhadap hasil belajar siswa pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit kelas X SMA Negeri 1 Krayan.
Kata Kunci : model pembelajaran ROPES (Review, Overview, Presentation, Exercise, Summary), hasil belajar, elektrolit dan nonelektrolit.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE ROPES (Review, Overview, Presentation, Exercise, Summary) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA SUB POKOK BAHASAN LARUTAN ELEKTROLIT DAN NONELEKTROLIT DI KELAS X SMA NEGERI 1 KRAYAN TAHUN AJARAN 2013/ 2014 |
---|---|
Pengarang | GEBRELA EMI UNIKE - Personal Name |
No. Panggil | |
Subyek | |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2015 |
Penerbit | |
Jurusan | |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY