Detail Cantuman Kembali
Vera Mauliani Achmad - Personal Name

Analisis Gaya, Motivasi, dan Respon Siswa Dalam Pembelajaran Geografi di MA Darul Ihsan Samarinda

Vera Mauliani Achmad, 2024 Analisis Gaya, Motivasi dan Respon Siswa Dalam Pembelajaran Geografi di MA Darul Ihsan Samarinda. Penelitian ini di Bimbing oleh Dr. Iya’ Setyasih, M.Pd selaku pembimbing I dan Aisyah Trees Sandy, S.Pd,. M.Sc. Selaku pembimbing II.
Pembelajaran merupakan inti dari sebuah pendidikan memiliki peranan yang penting dalam memajukan kesejahteraan dan sumber daya manusia satu diantaranya dalam hal belajar mengajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gaya belajar, motivasi siswa dan respon siswa dalam pembelajaran geografi. Gaya belajar geografi yang akan menjadi fokus peneliti dalam penelitian ini yakni gaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik Motivasi adalah salah satu langkah atau faktor yang bisa mendorong peserta didik bertingkah laku menggunakan perasaan dan reaksi dalam kegiatan pembelajaran geografi. Hasil penelitian pada siswa kelas X yang terdiri dari 34 siswa perempuan, kelas XI terdiri dari 26 siswa perempuan dan kelas XII terdiri dari 35 siswa laki-laki di MA Darul Ihsan Samarinda. Berdasarkan hasil penelitian, mayoritas gaya belajar yang dimiliki siswa kelas X yakni visual sebanyak 34 siswa, kemudian siswa kelas XI mayoritas kinestetik sebanyak 26 siswa, demikian juga kelas XII mayoritas gaya belajarnya kinestetik sebanyak 35 siswa Setiap kelas berbeda gaya belajar dan memiliki masing-masing gaya belajar. Setiap siswa pada dasarnya memiliki motivasi pada diri mereka, baik itu motivasi eksternal ataupun internal. Sampel pada penelitian ini yaitu kelas X terdidi dari 34 Siswa perempuan, XI IPS1 terdiri dari 26 Siswa perempuan, XII IPS2 terdiri dari 35 Siswa laki-laki di MA Darul Ihsan Samarinda. Teknik sampel yang digunakan yaitu Random Sampling. Berdasarkan hasil rekap data yang telah dilakukan pada angket motivasi belajar siswa memiliki motivasi pada kategori baik, dari hasil tersebut dapat dikatakan bahwa motivasi belajar sebanyak 34 siswa memiliki motivasi baik, kemudian pada kategori sebanyak 26 siswa memiliki kategori Kurang, kemudian sebanyak 35 siswa memiliki kategori baik. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan pada respon belajar siswa di kelas X dan XI di dapatkan respon belajar siswa berada pada kategori baik dengan jumlah peserta didik 60 atau setara dengan 64%. Kemudian pada kategori sangat baik dengan jumlah siswa 35 atau setara dengan 65%. Tingginya respon belajar dapat dilihat dari berbagai indikator yang telah dianalisis.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Analisis Gaya, Motivasi, dan Respon Siswa Dalam Pembelajaran Geografi di MA Darul Ihsan Samarinda
Pengarang Vera Mauliani Achmad - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI VER a 2024
Subyek Motivasi
Respon
Gaya Belajar
Pembelajaran Geografi
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2024
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jurusan Pendidikan Geografi
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua