Detail Cantuman Kembali
EVI ARYANTI TOMBI - Personal Name

PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP KINERJA GURU MELALUI IKLIM KERJA SEKOLAH SWASTA DI BALIKPAPAN SELATAN

EVI ARYANTI TOMBI. Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Kinerja Guru Melalui Iklim Kerja Sekolah Swasta di Balikpapan Selatan. Dosen Pembimbing I Prof. Dr. Azaini, M.S dan Dosen Pembimbing II Prof. Dr. Nurlaili, M. P.
Peningkatan kinerja guru adalah kunci untuk menciptakan sistem pendidikan yang lebih baik dan efisien. Peningkatan kinerja guru saat ini masih di perlukan karena beberapa alasan yang berkaitan dengan perkembangan pendidikan dan tantangan yang dihadapi oleh sistem pendidikan modern saat ini. Tujuan penelitian ini mengkaji pengaruh kecerdasan emosional terhadap kinerja guru melalui iklim kerja di salah satu sekolah swasta Balikpapan Selatan. Metode yang digunakan adalah survey dengan pendekatan kuantitatif yang bersifat korelasional karena meneliti pengaruh kecerdasan emosional terhadap kinerja guru melalui iklim kerja. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru yang bekerja di salah satu sekolah swasta di Balikpapan Selatan berjumlah 70 guru. Pengambilan sampel menggunakan metode nonprobably sampling dengan teknik sampling jenuh yang berarti mengambil semua populasi sebagai sample. Teknik pengumpulan data menggunakan skala pengukuran berdasarkan Skala Likert. Untuk mengetahui validitas dan reabilitas angket, angket yang digunakan di uji coba kepada 30 guru sekolah swasta yang selokasi dengan sasaran penelitian mengetahui validitas dan reabilitas angket. Teknik analisis data dengan analisis regresi linier sederhana dan analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) pengaruh langsung kecerdasan emosional terhadap kinerja guru tidak signifikan dimana R hitung lebih besar dari R table (0,326>0.05). 2) Koefisien beta kecerdasan emosional terhadap kinerja guru sebesar 0,115. Koefisien beta kecerdasan emosional melalui Iklim kerja terhadap kinerja guru sebesar 0,110. Hal ini menunjukkan bahwa kecerdasan emosional secara langsung lebih besar mempengaruhi kinerja guru dari pada pengaruh kecerdasan emosional melalui iklim kerja. Pengaruh kecerdasan emosional terhadap kinerja guru melalui iklim kerja sekolah swasta di Balikpapan Selatan sangat kecil pengaruhnya. Kesimpulan kecerdasan emosional tidak berpengaruh terhadap kinerja guru sekolah swasta di Balikpapan Selatan

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP KINERJA GURU MELALUI IKLIM KERJA SEKOLAH SWASTA DI BALIKPAPAN SELATAN
Pengarang EVI ARYANTI TOMBI - Personal Name
No. Panggil TESIS EVI p 2024
Subyek Kinerja Guru
kecerdasan emosional
Iklim Kerja
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2024
Penerbit MAGISTER MANAJEMEN PENDIDIKAN
Jurusan Manajemen Pendidikan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua