Gambaran Mental Emosional Pada Siswa Siswi SMKN 7 Di Kota Samarinda
Pendahuluan : Gangguan mental emosional adalah suatu keadaan yang menandakan bahwa seseorang sedang mengalami perubahan emosi, yang bila berkepanjangan dapat berkembang menjadi keadaan patologis, sehingga untuk menjaga kesehatan jiwa masyarakat harus dilakukan tindakan pencegahan. Istilah lain dari gangguan psikoemosional adalah tekanan psikologis dan tekanan emosional.
Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Gambaran Mental Emosional pada Siswa-Siswi SMKN 7 di Kota Samarinda.
Metode : metode penelitian yang dilakukan menggunakan teknik survey dengan responden sebanyak 100 responden dan menggunakan kuesioner RSQ-20 (Questionnaire Self-Reporting 20)
Hasil : Hasil penelitian menunjukan mayoritas responden mengalami gangguan mental emosional yaitu sebanyak 51 responden (51 %) .
Kesimpulan : disimpulkan bahwa mayoritas siswa – siswi SMKN 7 mengalami gangguan mental emosional yaitu sebanyak 51 responden (51%) dan mayoritas berjenis kelamin laki laki yaitu sebanyak 36 responden (70,6%) dan jika berdasarkan tingkatan kelas maka yang terbanyak adalah di kelas 12 yaitu sebanyak 19 responden (37,3%). Selain itu mayoritas responden mengalami gangguan mental emosional seperti merasa cemas, tegang, dan khawatir, kesulitan dalam mengambil keputusan, merasa lelah sepanjang waktu dan mudah lelah.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | Gambaran Mental Emosional Pada Siswa Siswi SMKN 7 Di Kota Samarinda |
---|---|
Pengarang | Maura Gensa Rudit Santria - Personal Name |
No. Panggil | KARYA TULIS ILMIAH MAU g 2024 |
Subyek | Gambaran Mental Emosional Pada Siswa Siswi |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2024 |
Penerbit | Fakultas Kedokteran |
Jurusan | D3 Keperawatan |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY