Detail Cantuman Kembali
MARYATI - Personal Name

IMPLEMENTASI DAN OPTIMALISASI KURIKULUM MERDEKA TAHUN 2023 DI SMP NEGERI 48 SAMARINDA

Maryati, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mulawarman. Implementasi dan Optimalisasi Kurikulum Merdeka Tahun 2023 di SMP Negeri 48 Samarinda. Di bawah bimbingan Bapak Dr. H. Asnar, M.Si selaku pembimbing I dan Ibu Dr. Hj. Suryaningsi, S.Pd., M.H., selaku pembimbing II.
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana implementasi kurikulum merdeka di sekolah, aktor apa yang menjadi kendala implementasi kurikulum merdeka, serta optimalisasi kurikulum merdeka di sekolah.
Jenis penelitian yang digunakan kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 48 Samarinda pada bulan Maret 2024 - April 2024. Subjek penelitian ini ialah kepala sekolah, waka kurikulum, guru PPKn dan siswasiswi kelas IX dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan menyimpulkan data.
Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi dan oprimalisasi kurikulum merdeka tahun 2023 di SMP Negeri 48 Samarinda bahwa sekolah telah melibatkan berbagai aktivitas pembelajaran sesuai dengan kurikulum merdeka, termasuk pelaksanaan proyek penguatan profil pelajar pancasila (P5) dengan tema kearifan lokal. Tujuan dari proyek ini adalah untuk mengembangkan potensi siswa dan melestarikan budaya lokal. Selain itu, penggunaan teknologi dalam pembelajaran untuk meningkatkan pemahaman dan keterlibatan siswa. Namun, implementasi kurikulum ini dihadapkan pada berbagai hambatan, baik internal seperti keterbatasan sarana dan prasarana serta kurangnya motivasi siswa, maupun eksternal dari keluarga dan masyarakat. Untuk mengoptimalkan kurikulum merdeka, peran guru dan siswa sangat penting, terutama melalui pembentukan kelompok belajar dan keterlibatan dalam proyek yang mendorong kerja sama antar siswa.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul IMPLEMENTASI DAN OPTIMALISASI KURIKULUM MERDEKA TAHUN 2023 DI SMP NEGERI 48 SAMARINDA
Pengarang MARYATI - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI MAR i 2024
Subyek Implementasi,
Kurikulum Merdeka
Optimalisasi,
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2024
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jurusan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua