PERBEDAAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI PESERTA DIDIK ANTARA MODEL PEMBELAJARAN METODE THINK-PAIR SHARE DAN EKSPOSITORI DIKELAS XI IPS SMA 8 BERAU
Pebedaan hasil belajar geografi peserta didik antara pembelajaran metode think pair share dan metode ekspositori dikelas XI IPS SMAN 8 Berau, penelitian ini dibimbing oleh Dr. H. Rahmadi, M.Pd selaku pembimbing I dan Yaskinul Anwar S.Pd, M.Sc selaku pembimbing II. Penggunaan metode pembelajaran yang berbeda tentu akan menghasilkan hasil belajar yang berbeda pula maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar peserta didik dengan pembelajaran metode Think PairShare dan Ekspositori pada materi Geografi SMAN 8 Berau. Jenis penelitian ini termasuk penelitian eksperimen semu (Quasi Eksperimen) dengan rancangan penelitianpre test - post test control group design. Sample yang digunakan ialah kelas XI IPS yang berjumlah 60 peserta didik yang tersebar dalam 1 kelas eksperimen berjumlah 30 peserta didik yang diberikan perlakuan menggunakan metode think pair share dan 1 kelas kontrol diberikan perlakuan menggunakan metode ekspositori berjumlah 30 peserta didik. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes, lembar observasi, dan dokumentasi. Teknik analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik deskriptif dan statistik inferensial type parametris dengan langkah uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis dengan independent sample T-test. Hasil penelitian menggunakan uji n-gin menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar geografi yang berbeda antara menggunakan metode think pair-share dan metode ekspositori pada peserta didik kelas XI IPS di SMAN 8 Berau dengan peningkatan rata-rata hasil belajar geografi yaitu pada kelas XI IPS1 = 87,4 dan XIIPS2 = 82,8. Pada uji independent sample T- est metode think pair share dan ekspositori nilai sig. (2- tailed) yaitu 0,003 kurang dari 0,05 pada kedua kelas eksperimen dan kontrol. Sehingga ha diterima dan ho ditolak yang dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar geografi peserta didik antara pembelajaran metode think pair share dan metode ekspositori dikelas XI IPS SMAN 8 Berau.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PERBEDAAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI PESERTA DIDIK ANTARA MODEL PEMBELAJARAN METODE THINK-PAIR SHARE DAN EKSPOSITORI DIKELAS XI IPS SMA 8 BERAU |
---|---|
Pengarang | Andry Irvandy Suwandy - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI AND p 2024 |
Subyek | Hasil Belajar Think Pair Share Ekspositori |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2024 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | pendidikan geografi |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY