Detail Cantuman Kembali
GITA ARIMBI HUTAPEA - Personal Name

PENERAPAN TARGET COSTING DALAM UPAYA PENGURANGAN BIAYA PRODUKSI UNTUK PENINGKATAN LABA PADA UD KARYA MUKTI DI SAMARINDA

Abstrak
Gita Arimbi Hutapea. 2015, Penerapan Target Costing Dalam Upaya Pengurangan Biaya Produksi Untuk Peningkatan Laba Pada UD Karya Mukti di Samarinda, dibawah bimbingan Ibu Dr. Hj. Anis Rachma Utary, selaku Dosen Pembimbing 1 dan Bapak Rusliansyah, selaku Dosen Pembimbing II. Dalam era globalisasi, persaingan usaha akan terjadi semakin keras dan setiap perusahaan dituntut untuk memiliki kemampuan bertahan secara optimal. Salah satu cara agar perusahaan tetap bertahan ialah dengan menentukan harga terbaik yang dapat dijangkau oleh konsumen dan mampu memberikan keuntungan bagi perusahaan, disamping melakukan efesiensi biaya produksi.

Penelitian ini bertujuan membantu perusahaan untuk menerapkan metode target costing sebagai alat bantu akuntansi manajemen dalam menekan biaya produksi. Metode target costing adalah metode yang efektif dalam upaya pengurangan biaya produksi melalui pengevaluasian terhadap nilai produk (value engineering) dalam mempertahankan kepuasan yang diperoleh konsumen. Dengan mendesain ulang biaya-biaya, maka perusahaan dapat meraih keuntungan atau laba maksimal dari harga jual per unit produk.

Lebih jauh lagi, perusahaan juga bisa melakukan penghematan biaya-biaya sebelum produk akan diproduksi. Penelitian ini membuktikan bahwa penerapan target costing merupakan upaya alternatif yang baik untuk memaksimalkan laba yang ditargetkan oleh perusahaan dengan cara menekan biaya-biaya produksi yang terjadi selama proses desain produk.




Kata Kunci: Target costing, Value Engineering, Biaya produksi, Laba

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENERAPAN TARGET COSTING DALAM UPAYA PENGURANGAN BIAYA PRODUKSI UNTUK PENINGKATAN LABA PADA UD KARYA MUKTI DI SAMARINDA
Pengarang GITA ARIMBI HUTAPEA - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2015
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua